Super Konversi
Aston Martin, merek mobil sport ultra-mewah dari Inggris, selalu menjadi favorit keluarga kerajaan dan selebriti di berbagai negara dan juga sering menjadi pengunjung dalam seri film 007.
Perusahaan mobil ini telah meluncurkan banyak model dalam sejarah, tetapi yang paling klasik mungkin adalah seri DB4. Penampilan mobil ini memulai masa kejayaan Aston Martin.
Aston Martin DB4 dianggap sebagai puncak dari pembuat mobil, dan merek barunya banyak yang merupakan bagian dari DB4.
Nama-nama tokoh kunci muncul selama pengembangan mobil, seperti manajer umum John Wyer, desainer sasis Harold Beach dan desainer mesin Tadek Marek. Seluruh bodywork dilakukan oleh Carrozzeria Touring di Milan, Italia.
Dalam proses pengembangan seluruh seri, DB dan DB4 lebih terkenal daripada DB5!
Aston Martin DB4 memulai debutnya di London Motor Show pada tahun 1958. Kesan pertama kami tentang mobil ini cukup menakjubkan. Ini tidak hanya memiliki keanggunan romantis mobil Italia tetapi juga mempertahankan ketampanan mobil Inggris.
Sebelum ini, Aston Martin telah berfokus pada penelitian dan pengembangan mobil balap, kurang berpengalaman dalam desain dan produksi mobil jalan. Banyak model yang diluncurkan sebelum DB4 kurang lebih mewarisi gaya desain Inggris yang ketat dan konservatif. Oleh karena itu, belum mendapat banyak perhatian dari konsumen.
Kekuatannya tidak lemah sama sekali, mereka mengatakan bahwa ia dapat berakselerasi dari posisi diam hingga 100 mil per jam (sekitar 160 kilometer) dalam 21 detik. Perlu dicatat bahwa DB4 adalah mobil pertama yang bisa mencapai 0-100 mil per jam dalam 30 detik. Munculnya DB4 membuka era baru bagi Aston Martin yang memiliki modal cukup untuk bersaing dengan produsen mobil sport performa tinggi lainnya.
Aston Martin DB4 convertible diluncurkan di London Motor Show pada tahun 1961.
Karena dibuat dengan tangan, mobil ini adalah salah satu model paling langka dalam sejarah merek Aston Martin kecuali untuk versi Zagato! Bahkan ada lebih sedikit Convertible DB4 daripada DB4 GT yang terkenal, dengan total hanya 30 seri IV dan 40 seri V yang diproduksi.
Awalnya DB4 convertible baru harganya 4.449, hanya 250 lebih banyak dari coupe.
Ini bukan jumlah yang besar, tetapi pada awal 1960-an, harga itu akan dapat digunakan untuk membeli rumah yang bagus di Inggris. Convertible bernilai sekitar sebanyak hari ini sebagai dua hardtop dari tahun yang sama. Plus, nilai konversi DB4 masih bisa membelikan Anda rumah yang lumayan bagus di Inggris hari ini!
Aston Martin hanya memproduksi 70 db4 Convertible dalam siklus produksi tiga tahun, hanya 10 di antaranya adalah versi drive kiri, jadi kami jarang mendapatkan kesempatan untuk melihat mobil di pasar mobil klasik. Melihat drive kiri langka 1962 Aston Martin DB4 IV convertible dalam pengumuman lelang mobil klasik Belgia.
Kendaraan ini memiliki nomor sasis DB4C / 1069 / L dan semua komponen utama dalam kondisi asli, mesin, transmisi, dan atap asli.
Mobil itu menggunakan body 'Superleggera' Touring, dengan panel paduan ringan yang dilas ke rangka tubular baja halus sasis.
Biasanya, versi coupe dari DB4 Coupe ini didukung oleh twin-cam inline - enam mesin yang dibangun oleh Tadek Marek. Mesin DOHC 3,7 liter ini, dilengkapi dengan karburator SU kembar, dapat memberikan daya maksimum 240 tenaga kuda. Mesin ini telah menjadi ciri khas Aston Martin selama lebih dari satu dekade, dengan peningkatan perpindahan dan peningkatan teknis, dan telah di umumkan untuk pensiun setelah Aston Martin DB6 Mark II pada tahun 1971.
Menurut lelang, Aston Martin DB4 IV Convertible diperkirakan mengambil dengan harga antara $1,2 juta dan $1,4 juta. Bagaimana pendapat Anda tentang harga seperti itu ?