Enak Dan Lembut
Panettone adalah semacam kue khas Milan, Italia.Roti ini berbentuk seperti kubah dan tingginya biasanya sekitar 30 cm.Makanan khas Italia ini terbuat dari adonan yang lembut dan setengah matang yang berisi permen dan kismis. Teksturnya lembut dan memiliki aroma jeruk yang wangi.
Berikut cara membuat Panettone sendiri di rumah :
Bahan A
· 350 gram tepung terigu ( pilih yang tinggi protein)
· 20 gram margarin
· 45 ml air
· 1,5 sdm gula pasir
· 2 butir kuning telur
· 6 gram garam
Bahan B
· 200 gram tepung terigu ( pilih yang berprotein tinggi)
· 2 butir kuning telur
· 7 gram fermipan
· 110 ml air
· 1 sdm mentega cair
Cara membuat
Untuk membuat resep cara membuat panettone maka berikut langkah-langkahnya:
Langkah bahan A dan B
Buat adonan yang terdiri dari margarine, telur dan air kemudian aduk-aduk hingga merata. Buat adonan tersebut kasar dan sedikit basah.
Buat bahan B menjadi adonan berupa tepung terigu, kuning telur, fermipan, air, kemudian aduk hingga rata dan menjadi adonan yang menyatu. Untuk mengaduk bahan B, Anda bisa menggunakan mikser, caranya tinggal memasukkan semua bahan dan tunggu bahan tercampur selama 10 menit saja. Setelah bahan tercampur maka tutup adonan tersebut dengan kain bersih selama setengah jam.
Langkah selanjutnya
Setelah kedua bahan yaitu bahan A dan bahan B diolah maka langkah selanjutnya adalah dengan mencampur bahan A dan bahan B kemudian uleni hingga kedua bahan tersebut tercampur merata. Adonan yang telah jadi bisa dituangkan dalam tempat datang yang telah ditaburi oleh tepung.
Pipihkan adonan kemudian taburi dengan buah kering pada permukaannya, campur adonan dengan buah kering tersebut hingga merata dan pastikan buah kering tidak lepas dari adonan. Setelah itu buat bulatan-bulatan kecil dan taruh pada cup. Tutup adonan yang telah dimasukkan dalam cup selama 30 menit agar mengembang. Setelah itu panggang roti selama 30 menit hingga 45 menit.
Keluarkan panettone dari pemanggang dan kue ini siap dihidangkan.
Semoga Anda menikmati artikel ini!