Fakta Golden Gate
Jembatan Golden Gate adalah nama sebuah jembatan suspense yang merupakan ikon dari San Fransisco, California.
Jembatan Golden Gate sepanjang 1,7 mil adalah ikon wilayah Teluk San Francisco. Jembatan ini menghubungkan kota San Francisco ke Marin County, California. Dilansir History, pada penyelesaiannya di tahun 1937, jembatan gantung itu dianggap sebagai keajaiban teknik. berikut ini adalah fakta menarik jembatan golden gate:
• Pembangunannya Akhirnya Mulai Dilakukan Tahun 1933
Setelah bertahun-tahun kemunduran dan penggalangan dana, Strauss dan timnya akhirnya memulai pembangunan konstruksi jembatan pada 5 Januari 1933. Acara itu dirayakan secara besar-besaran. Dimulai dengan parade ke Crissy Field, di mana , setelah pidato pembukaan diberikan dan sebuah pesan dari Presiden Herbert Hoover dibacakan, ada penghormatan salvo 21 senapan dan sebuah jembatan dilukis di langit.
• Kisah dibalik warna jembatan
Tetapi ketika baja itu tiba di San Francisco, justru dicat dengan warna merah terbakar oleh sang arsitek, Irving Morrow. Menurutnya warna tersebut sangat terlihat dan lebih enak dipandang. Warna jembatan kemudian secara resmi disebut oranye internasional.
• Gempa Terjadi Saat Pembangunan
Sebuah gempa terjadi pada tahun 1935 saat jembatan sedang dalam pembangunan. Mereka yang mengalami menyebutkan bahwa karena jembatan bergoyang begitu kerasnya akibat gempa, banyak orang yang terpaksa berbaring di dek karena merasa mual dan muntah-muntah. Beberapa pekerja yang berada di menara saat gempa terjadi dan tidak bisa turun karena lift tidak bisa berfungsi karena gempa.
• Ada 600.000 Sekrup di Setiap Menara Setinggi 246
Pada Jembatan Golden Gate ada beberapa menara yang juga menjadi tiang tumpu dan menara itu dibentuk dengan menggunakan lebih dari 600 ribu sekrup untuk menyambung tiap bagiannya.
• Lalu Lintas
Golden Gate Bridge dilewati rata-rata 112.000 kendaraan per hari. Setidaknya tiga bayi pernah lahir di sini, dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Sepanjang sejarahnya, Golden Gate Bridge pernah ditutup tiga kali akibat angin kencang. Penutupan lainnya disebabkan oleh kunjungan Presiden Franklin Roosevelt dan Presiden Prancis Charles de Gaulle.
• Butuh waktu 30 tahun untuk menghilangkan cat berbasis timah dari jembatan
Pada 1930-an, Jembatan Golden Gate dilapisi dengan cat timah. Para arsitek bermaksud untuk melindungi struktur baja dari korosi, tetapi kemudian mereka mengetahui bahwa timah berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Upaya pembersihan besar-besaran untuk menghilangkan semua cat berbasis timah dari jembatan dimulai pada 1965 dan berakhir pada 1995. Saat ini, cat primer berbasis seng digunakan sebagai gantinya.
Itulah fakta menarik dari jembatan paling ikonik San Francisco. Semoga bermanfaat!