Wisata Sunrise Di Gunung
Memandang matahari terbit memang akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi jika dipandang dari tempat yangmemiliki keindahan alam.
Matahari terbit di pagi hari alias sunrise menjadi pemandangan yang sering ditunggu-tunggu banyak orang. Kamu harus bangun pagi dan menunggu hingga matahari muncul. Meski pun setiap hari sunrise terjadi, tapi kalian pasti kesulitan melihatnya dari rumah. Berikut ini lokasi sunrise di gunung yang bisa kamu kunjungi:
Gunung Kerinci
Gunung api tertinggi di Indonesia ini memiliki salah satu spot sunrise terbaik yang bisa kamu nikmati dari puncaknya. Terletak di Provinsi Jambi, Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut. Kamu pun bisa melihat keindahan panorama Danau Gunung Tujuh dari gunung tertinggi di Sumatera ini.
Gunung Fuji Jepang
Tempat sunrise terindah di dunia tidak jauh-jauh dari gunung dan pegunungan. Salah satu gunung wisata yang terkenal di Asia adalah Gunung Fuji yang berada di Jepang. Anda juga bisa berkunjung ke sana untuk menikmati pemandangan matahari terbitnya. Anda bahkan bisa melakukan pendakian ke gunung tersebut yang biasanya dibuka pada Juli hingga Agustus. Tentunya mendaki Gunung Fuji akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi Anda. Anda juga bisa menjadikan Gunung Fuji sebagai salah satu Tempat Bulan Madu di Jepang. Hal menarik yang bisa didapatkan adalah pemandangan matahari terbit yang sangat memukau ketika sudah berada di Pucak Gunung Fuji. Selain itu, pemandangan di sekitar gunung juga akan menenteramkan dan menenangkan.
Gunung Haleakala, Hawaii
Tempat terbaik untuk menikmati sunrise memang di puncak gunung ya. Gunung Haleakala adalah salah satunya. Di sini, kamu bisa melihat sunrise atau sunset di ketinggian lebih dari 10.000 kaki di atas permukaan laut. Cantiknya pemandangan matahari kemerahan yang pelan-pelan naik menembus karpet awan pastinya akan membuat kamu merasa bersyukur akan nikmat yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Untuk mencapai puncaknya pun kamu tidak harus bersusah-susah mendaki, karena sudah ada akses jalan beraspal untuk dilewati mobil. Kalau mau berhemat kamu juga bisa bersepeda, lho. Tapi hati-hati, ya. Soalnya tidak ada pembatas antara jalan dengan tebing di tepiannya.
Machu Picchu Peru
Machu Picchu merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik dengan pemandangan alam yang menawan. Hal yang bisa dilakukan di sana adlaah mendaki di pagi hari untuk bisa mendapatkan pemandangan sunrise yang memukau. Matahari terbit di area tersebut adalah pada pukul 7 pagi, sehingga untuk orang Indonesia yang sudah biasa bangun pagi, mendapatkan pemandangan sunrise di sana tidak akan sulit. Namun jika ingin mendaki, selalu persiapkan pakaian yang cocok dan selalu sedia mantel. Karena cuaca di sana sulit untuk diprediksi. Bisa saja ketika berangkat cuaca sedang cerah, namun tiba-tiba hujan di tengah perjalanan.
Gunung Bromo
Lokasinya berada di kawasan Pengunungan Tengger, Jawa Timur. Tidak butuh perjuangan yang berat untuk sampai di puncaknya. Siapa pun bisa menikmati pemandangan sunrise dari puncak gunung ini. Terdapat mobil atau kuda yang siap mengantarmu melewati padang pasir untuk menuju puncak.
Bukit Sikunir, Dieng
Sunrise di Bukit Sikunir sering disebut lebih indah daripada sunrise di Bromo. Mungkin karena Gunung Bromo sudah lebih banyak dikenal oleh turis mancanegara, makanya untuk melihat sunrise harus bertarung tempat karena ramainya pengunjung. Beda banget sama kalau kamu datang ke Bukit Sikunir. Kamu tidak perlu balap-balapan sama yang lain untuk menikmati cantiknya golden sunrise Dieng. Pendakiannya pun cuma sekitar 30 menit, walaupun melewati jalan setapak yang lumayan curam, sih. Kalau langit sedang cerah, kamu bisa melihat 8 puncak gunung sekaligus dari atas puncak Sikunir.
Itulah beberapa lokasi sunrise di gunung. Semoga bermanfaat!