Jembatan Tertua Di Dunia
Tahukah kamu di mana jembatan tertua di dunia berada? Jembatan ini terbuat dari batu kuno yang sangat tua dan saat ini masih bertahan.
Jembatan merupakan bangunan penghubung antara satu tempat dengan lainnya. Tanpa jembatan maka kita tak bisa menyeberangi sungai maupun jurang sekali pun. Sehingga kehadiran jembatan sangat bermakna dari puluhan ribu tahun yang lalu. Nah, inilah beberapa jembatan tertua yang ada di dunia:
Jembatan Alcantara
Salah satu jembatan tertua di dunia ini didirikan oleh Kekaisaran Romawi dan masih ada sampai saat ini. Letaknya ada di atas Sungai Tagus. Pembangunan jembatan dilakukan pada tahun 104 masehi dan tuntas 2 tahun kemudian. Kendati kondisinya cukup baik, tapi jembatan ini terus melalui proses perbaikan sepanjang sejarah. Sebagian besar kerusakan jembatan diakibatkan oleh perang dari alam.
Jembatan Tarr Steps
Kemudian ada Jembatan Tarr Steps, salah satu jembatan tertua ini diperkirakan dibangun pada tahun 1.000 sebelum Masehi. Jembatan Tarr Steps ini berada di Taman Nasional Exmoor, Somerset, di Inggris dan masih digunakan hingga saat ini.
Jembatan Karavan
Jembatan Karavan atau juga dikenal dengan jembatan di atas Sungai Meles ini terletak di Izmir, Turki.
Menurut Guiness Book of World Records, jembatan ini masuk ke dalam daftar jembatan tertua yang masih digunakan. Disebutkan bahwa jembatan ini dibangun sejak 850 sebelum Masehi dan tidak diketahui sosok pembuatnya.
Jembatan Cendere
Bangunan ini dikenal pula dengan nama jembatan Pengantin Severan atau jembatan Septimius Severus. Letaknya ada di dekat kota kuno Arsameia, provinsi Adiyaman, Turki Tenggara yang dibangun sekitar tahun 200 SM. Jembatan Cendere sekarang telah terpisah dari salah satu taman nasional terpenting di Turki yang merupakan situs UNESCO.
Band-e Kaisar Jembatan Valerian
Jembatan lengkung batu ini didirikan di tempat yang saat ini dikenal dengan nama Shushtar, Iran. Bangunan tersebut dibangun di sekitar tahun 260 sampai 270 masehi. Menurut sejarah Persia, jembatan ini diberi nama oleh Kaisar Romawi Valerian yang ditangkap bersama seluruh pasukannya oleh penguasa dari Sassanid Shapur I. Saat ini Band-e Kaisar merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.
Jembatan Limyra
Kembali di Turki, salah satu jembatan tertua di dunia adalah Jembatan Limrya di Kota Lycia. Kemungkinan besar, jembatan pendek ini dibangun pada tahun 3 Masehi dan tidak diketahui sosok yang membangunnya. Menurut informasi yang didapat, kabarnya jembatan ini sudah tidak digunakan lagi.
Itulah beberapa jembatan tertua didunia. Semoga informasi ini bermanfaat!