Tips Dapur Praktis
Pas banget kali ini kita akan kasih tips buat Ibu-ibu, Mbak-mbak, Mas-mas dan Bapak-bapak yang memiliki hobi masak.
Berikut ini 10 hal yang bisa membuat hidupmu lebih bermakna saat sedang berada di dapur:
• Menjaga makanan beku tetap segar
Jika Anda ingin menyajikan makanan yang tetap segar, Anda bisa ikuti tips ini. Awalnya isi mangkuk besar dengan sekantong es serut, kemudian letakkan makanan tersebut di atasnya.
• Memotong kue dengan sempurna
Anda perlu celupkan pisau tajam Anda ke dalam air panas untuk memanaskannya terlebih dahulu. Lalu keringkan dengan handuk kering. Dengan tips ini akan memudahkan Anda saat potong kue atau cheesecake menjadi irisan yang bagus dan rapi layaknya di toko kue.
• Buat ruangan dapur lebih bermanfaat
Dapur yang tertata dengan rapi tentu menjadi kepuasan pribadi. Untuk membuat dapur tertata rapi dan memiliki ruang lebih banyak, Anda bisa pasang kait di bagian dalam lemari dapur Anda untuk memaksimalkan ruang penyimpanan Anda. Disitu Anda bisa letakkan sendok dan beberapa barang lainnya.
• Dapatkan banyak jus dari lemon
Jika Anda ingin mendapatkan jus atau perasan air dari irisan lemon yang banyak, maka Anda perlu masukan lemon kedalam microwave terlebih dahulu selama tujuh hingga sepuluh detik. Lalu, gulung lemon bolak-balik dengan telapak tangan di atas meja. Dengan tips ini, Anda akan mendapatkan jus dari lemon yang banyak.
• Daun herba bertahan lama
Daun herba seperti daun mint, sangat cepat layu jika tidak disimpan dengan cara yang benar. Tips supaya daun herba terus segar, Anda perlu potong batangnya terlebih dahulu kemudian letakkan di gelas kecil berisi air. Kemudian gunakan plastik untuk menutup daun-daun di atas dengan mengikat plastik dan membungkusnya dengan tali. Anda bisa simpan di lemari es dan akan terus segar hingga dua minggu.
• Cuci Bersih Tahu dan Siram dengan Air Panas
Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan didalam kulkas. Jika tahu adalah kualitas baik maka bisa bertahan selama 1 minggu.
• Membilas Sayur dengan Garam
Saat mencuci kangkung, arnong/selada air atau genjer serta tanaman air lainnya jangan lupa saat bilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati. Biasanya yang hobi nongkrong disitu lintah, keong, ulat dan cacing air. Brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa pula menggunakan cara ini.
• Membersihkan Peralatan Masak yang Kotor Karena Kunyit
Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan. Segera ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda bisa diulang lagi.
• Cara Menyimpan Daging di Freezer
Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiapkali masak dan simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah, sehingga ketika akan mengambil, bisa ambil seperlunya saja.
• Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengiris Bawang
Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, dengan cara ini kita bisa menghindarkan mata dari rasa pedih.
Semoga informasi ini bermanfaat!