Indahnya Gunung Pelangi
Salah satu tempat yang diminati wisatawan adalah gunung Zhangye Danxia. Gunung ini memberikan warna yang indah seperti pelangi.
Gunung pelangi seluas 300 kilometer persegi ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China. Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Walaupun begitu di sana tidak ditemui tumbuhan atau hewan apapun karena kondisi tanahnya yang tandus.
Ada empat spot untuk menikmati keindahan Gunung Pelangi China ini. Masing-masing memiliki view yang berbeda. Selain berwarna-warni seperti pelangi, ternyata gunung ini juga memiliki keunikan lainnya. Di mana tinggi rendahnya curah hujan ternyata mampu mempengaryhi warna-warni dari gunung tersebut. Jika malam sebelumnya turun hujan, dan esoknya cerah, maka warna-warni Gunung Pelangi akan makin keluar.
Fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.
Selain gunungnya yang berwarna-warni, Zhangye Danxia juga memiliki gua-gua yang tersembunyi di balik perbukitan. Karena keunikan kondisi alamnya tersebut, World Heritage Committee UNESCO memasukkan gunung ini dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2010.
Itulah pembahasan mengenai gunung pelangi. Semoga bermanfaat!