Hidangan Penutup Yang Dingin
Es krim merupakan hidangan wajib disaat musim panas, anak-anak maupun orang dewasa sangat menyukai es krim. Memakan es krim di hari yang panas akan sangat lezat dan menyegarkan.
Apa saja nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi es krim?
Apa saja jenis-jenis es krim?
Berikut ini merupakan beberapa pengetahuan tentang es krim.
1. Nutrisi es krim
a. Gula
Es krim mengandung gula, yang terbuat dari laktosa yang berasal dari susu, fruktosa dan juga sukrosa yang berasal dari jus dan bulir buah-buahan.
Asam organik, tanin, dan berbagai vitamin yang terkandung didalam buah dapat mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.
b. Lemak
Kandungan lemak utama pada es krim berasal dari susu dan telur. Banyak mengandung lemak lesitin dan dapat melepaskan lemak kolin yang membantu dalam meningkatkan daya ingat.
Selain itu, lemak juga berperan penting dalam merangsang penyerapan vitamin yang larut dalam lemak oleh tubuh.
c. Vitamin
Es krim mengandung banyak vitamin, terutama vitamin B2, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin D.
Selain itu, es krim juga mengandung sedikit vitamin E, vitamin K, vitamin B1, dan asam folat.
d. Kalsium
Es krim juga membantu menambah kalsium dalam tubuh.
Es krim yang dikonsumsi pada umumnya yaitu 100 gram es krim vanila yang mengandung 128 mg kalsium, dan sedikit lebih tinggi dari kandungan kalsium yang terdapat pada susu murni.
2. Dampak dari mengonsumsi es krim
a. Menurunkan panas
Es krim memiliki rasa dingin dan manis yang dapat membantu tubuh untuk mendinginkan dan melepaskan panas. Maka dari itu, es krim akan sangat digemari orang-orang pada saat musim panas tiba.
b. Meningkatkan daya ingat
Es krim umumnya terdiri dari tiga komponen utama, yaitu 7%-16% lemak, 14%-20% sukrosa, dan 3%-4% protein.
Kandungan lemak yang terdapat pada es krim sebagian besar berasal dari susu dan telur yang mengandung lebih banyak lemak lesitin, sehingga dapat membantu melepaskan lemak kolin yang berperan penting dalam meningkatkan daya ingat.
c. Nutrisi yang seimbang
Lemak pada es krim dapat membantu tubuh dalam melarutkan dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak, sehingga bermanfaat dalam proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.
Selain itu, kandungan gula pada es krim terdiri dari laktosa yang berasal dari susu, fruktosa dan sukrosa yang berasal dari jus dan bulir buah, es krim juga mengandung asam organik, tanin, dan berbagai vitamin lainnya, yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
3. Jenis-jenis es krim
a. Es krim full krim
Es krim jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, memiliki lebih dari 8% kandungan lemak susu yang tinggi, sementara itu kandungan lemak pada es krim kelas atas bisa mencapai 12%-16%.
b. Es krim rendah lemak
Umumnya, es krim ini menggunakan susu bubuk sebagai bahan utamanya, yang mengandung 2.2% kandungan lemak didalamnya yang bisa juga dibuat dari bahan tanpa lemak seperti margarin, dan sebagainya.