Berjalan diatas es
Musim dingin telah tiba, cuaca pun mulai semakin dngin, banyak sungai dan danau yang sudah mulai membeku. Dan orang-orang pun mulai mencoba untuk mencoba kegiatan ice skating.
Walaupun ice skating sangat menyenangkan, namun Anda tetap perlu mengetahui beberapa hal mengenai ice skating, karena ice skating merupakan salah satu kegiatan yang rawan terjadi kecelakaan jika tidak berhati-hati.
Hal ini disebabkan karena suhu udara yang mulai meningkat dari waktu ke waktu, sehingga sungai atau danau yang membeku tidak sepenuhnya mengeras, sehingga sangat berbahaya jika melakukan kegiatan ice skating.
Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan ice skating.
1. Pilihlah tempat atau lokasi yang memiliki lapisan es yang tebal dan cukup keras untuk menjadi tempat berseluncur.
2. Lapisan es di bagian tengah sungai atau danau biasanya tidak setebal lapisan es yang berada didaerah pinggiran sungai atau danau tersebut, maka dari itu sering terjadi kecelakaan ketika orang-orang berseluncur dibagian tengah danau atau pun sungai. Jadi, usahakan untuk memilih daerah dipinggir danau atau sungai ketika ice skating.
3. Ketika ada seseorang yang jatuh ke dalam sungai atau danau yang beku, segera cari bantuan kepada orang yang berpengalaman untuk membantu mereka.
Cara menyelamatkan diri jika jatuh ke dalam danau atau sungai es.
1. Tetap tenang
Anda perlu berusaha tetap tenang, dan atur pernapasan Anda. Ketika panik, tubuh akan kesulitan untuk mengambil napas, dan napas Anda akan menjadi semakin berat jika anda semakin panik. Sambil meminta pertolongan, berusahalah untuk menjaga napas tetap stabil, dan cobalah meraih tepian es untuk menjaga tubuh Anda tetap terapung.
2. Carilah permukaan es yang mampu menopang berat dengan baik.
Gunakan kedua sikumu untuk mencari permukaan es yang tebal yang mampu menopang berat tubuhmu, jika es disekelilingmu tipis, maka hancurkanlah es disekitarmu hingga kamu mulai mendekati es yang tebal dan berusahalah untuk bangun ke permukaan es tersebut.
3. Dekatkanlah tubuhmu pada tepian lapisan es yang tebal, berikan tumpuan pada tangan Anda diatas permukaan es, kemudian berusaha membuat kaki Anda mendorong air, sehingga separuh bagian tubuh akan mengapung ke atas.
kemudian merangkaklah menggunakan siku Anda, agar tubuh dapat keluar dari air, dan Anda dapat naik ke permukaan es. Berhati-hatilah saat Anda merangkak, gunakan kedua siku untuk menghindari kontak langsung antara tangan dan permukaan es. Kemudian merangkaklah menggunakan siku anda, agar tubuh anda dapat keluar dari air, dan anda dapat naik ke permukaan es.
Berhati-hatilah saat Anda merangkak, gunakan kedua siku untuk menghindari kontak langsung antara tangan dan permukaan es.
4. Ketika Anda masih didalam air dan tiba-tiba mengalami keram, segera meminta bantuan, dan jika tidak ada orang disekitar, maka cobalah untuk luruskan kaki Anda.
5. Ketika Anda sudah berhasil naik ke permukaan es, jangan segera berdiri, hindari gerakan menghentak untuk mencegah keretakan pada permukaan es, cobalah untuk merayap atau merangkak pada permukaan es dengan hati-hati.
6. Segera hangatkan tubuh Anda.
Jika tangan dan kaki membeku, segeralah hangatkan tubuh Anda agar suhu tubuh kembali normal. Jangan rendamkan tangan atau kaki Anda ke dalam air panas secara langsung, karena ini akan menyebabkan radang dingin bahkan luka pada kulit.
Cara paling efektif untuk menghangatkan tubuh Anda yaitu dengan menggosokkan tangan agar suhu tubuh dapat meningkat dan dapat melancarkan peredaran darah ditubuh.