Si Populer "Es Krim"
Es krim merupakan makanan beku yang melalui proses pencampuran, sterilisasi, homogenisasi, pemeraman, pembekuan dan pengerasan oleh air, susu segar, susu bubuk, krim (atau lemak nabati) dan gula sebagai bahan utama dan juga pengawet makanan yang sesuai takaran.
Masalah yang sering ditemukan pada produk es krim yang tidak sesuai standar yaitu : indikator mikrobiologi yang melebihi standar, indikator fisik dan kimia beberapa produk (seperti kandungan lemak, tingkat ekspansi,dsb) yang tidak memenuhi persyaratan, kandungan logam yang berlebih, kandungan pengawet yang melebihi standard, dan sebagainya.
Berikut beberapa cara untuk memilih es krim:
1. Bahan-bahan dan proses pembuatan eskrim terkadang sangat bervariasi, maka dari itu konsumen perlu memperhatikan tanggal pembuatan yang tertera pada kemasan es krim.
2. Pastikan es krim tidak terjamah dan disimpan di freezer dengan suhu dibawah -18°C.
3. Pastikan kemasan luar es krim dalam keadaan utuh dan tidak ada kecacatan, karena hal tersebut dapat menyebabkan kontaminasi bakteri dan sebagainya.
4. Perhatikan tanggal kadaluwarsa produk yang layak dikonsumsi sebelum waktu yang ditentukan.
5. Sebisa mungkin hindari produk es krim yang mengandung banyak pewarna makanan.
6. Perhatikan juga apakah terdapat perubahan bentuk pada produk, perubahan bentuk tersebut biasanya terjadi pada saat proses pengiriman dan penyimpanan, dikarenakan perbedaan suhu yang tinggi menyebabkan produk es krim mengalami pencairan dan pembekuan kembali, hal ini dapat menyebabkan kontaminasi bakteri secara tidak langsung, yang dapat mempengaruhi rasa eskrim tersebut.
7. Para konsumen direkomendasikan untuk memilih produk-produk dari perusahaan yang terkenal ketika membeli es krim, karena kualitasnya yang lebih terjamin.
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika mengonsumsi es krim:
1. Jangan makan terlalu cepat, agar tidak menstimulasi peredaran dalam pembuluh darah, menyebabkan anemia, gangguan pencernaan bahkan hepatitis.
2. Terlalu banyak mengonsumsi es krim pada anak-anak akan mudah menyebabkan sakit perut, dan pada orangtua dapat menyebabkan masuk angin, gangguan pencernaan, dan juga radang tenggorokan.
3. Mengonsumsi es krim degan jumlah yang besar dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kekurangan nutrisi baik pada makanan utama, menyebabkan kerusakan pada gigi, dan juga dapat menyebabkan obesitas.
Berikut ini cara mudah untuk membuat es krim :
Bahan utama : susu, telur, gula
Cara pembuatan :
1. kocok 4 butir kuning telur, lalu tambahkan 100 gram gula, kemudian aduk searah jarum jam selama 5 menit.
2. rebus 500 gram susu kemudian tuangkan campuran telur ke dalam susu, masak dalam api kecil (dalam suhu 140 derajat) dan terus diaduk.
3. setelah tercampur rata, angkat campuran susu tersebut dan dinginkan didalam kulkas.
4. setelah eskrim membeku, maka es krim siap di hidangkan.