Sup Labu
Labu kaya akan nutrisi, vitamin, kalsium, zat besi, zinc, dan mineral lainnya.
Dan semangkuk sup labu yang hangat akan cocok dimakan saat cuaca dingin.
Resep 1
Bahan-bahan :
350 gram labu
1 buah bawang bombay
50 gram mentega
4 gelas kuah kaldu
2 gelas susu
200 gram tepung
1/2 cangkir keju segar
Daun parsley secukupnya
Pala
Garam
Merica
Cara membuat :
1. Kupas dan pisahkan daging labu, kemudian iris tipis daging labu, kemudian iris bawang bombay dan tumis bersama mentega.
2. Letakkan panci diatas kompor, lalu masukkan bawang bombay tumis, potongan labu, dan kuah kaldu, rebus hingga lembut.
3. Setelah itu saring sup ke panci yang baru, lalu tambahkan susu dan rebus kembali, sembari merebus sup dan susu, aduk mentega dan tepung, kemudian tuang sedikit demi sedikit larutan mentega dan tepung ke dalam panci, tambahkan pala, garam, dan merica untuk menambah citarasa, kemudian matikan kompor, lalu tuang sup ke dalam mangkok, tambahkan parutan parsley dan keju diatas sup sebagai pelengkap, sup labu siap disajikan.
Resep 2
Bahan-bahan:
Labu
1/2 potong bawang bombay
Garam
100 ml susu segar
Minyak zaitun
Cara membuat :
1. Cincang bawang bombay, kemudian kupas dan potong labu.
2. Tuang minyak zaitun secukupnya pada wajan, kemudian masukkan bawang bombay cincang dan tumis hingga harum.
3. Kemudian rebus air, masukkan potongan labu, masak selama 15 menit, lalu masukkan tumisan bawang bombay, lalu lanjutkan merebus selama 5 menit.
4. Kemudian haluskan sup labu dengan penghalus makanan.
5. Tambahkan kaldu, merica, garam kemudian tambahkan susu, masak sebentar, kemudian tuang sup labu ke dalam mangkok, sup labu siap dihidangkan.
Manfaat sup labu :
1. Detoksifikasi
Labu mengandung vitamin dan pektin, dan pektin mampu menyerap dan menghancurkan bakteri dan racun yang bersifat berbahaya bagi tubuh, seperti timah, merkuri, dan logam berat lainnya, sehingga berperan penting dalam detoksifikasi.
2. Melindungi selaput mukosa dalam perut dan membantu pencernaan.
Kandungan pektin pada labu dapat melindungi selaput mukosa pada lambung sehingga dapat membantu proses penyembuhan maag. Labu juga mengandung bahan-bahan yang mampu menghasilkan cairan empedu, memperkuat peristaltik sistem pencernaan, dan juga membantu dalam pencernaan makanan.
3. Mencegah dan mengontrol penyakit diabetes, dan juga mengatur gula darah.
Labu juga kaya akan kobalt, yang dapat membantu mengaktifkan metabolisme tubuh, mempercepat proses pembuatan sel darah, dan membantu sintesis vitamin B12 dalam tubuh, yang merupakan proses-proses penting pada kelenjar pankreas, sehingga dapat membantu mencegah diabetes dan menjaga gula darah tetap normal.