Sarapan yang Lezat
Kue wafel merupakan jenis kue panggang yang berasal dari Belgia, yang juga dikenal sebagai lattice cake atau griddlecake.
Kue wafel dipanggang dalam pemanggang dengan loyang berbentuk khusus.
Bentuk kotak-kotak pada loyang panggangan wafel membuat wafel berbentuk menjadi kotak-kotak yang rapi.
Kue wafel termasuk ke dalam kategori kudapan yang bahan utamanya terdiri dari telur dan susu, yang kandungannya kaya akan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, kalsium, dan potasium.
Kue wafel sangat populer diberbagai negara dan dimakan dengan cara yang berbeda di beberapa daerah tertentu.
Orang-orang di Negara Barat sering mengonsumsi wafel dengan selai stroberi, coklat, gula, madu atau krim, dan sebagainya.
Selain itu, orang Amerika cenderung memakan wafel dengan sirup mapel sebagai kudapan maupun sebagai sarapan mereka.
Berikut ini beberapa resep untuk membuat wafel :
Cara 1
Bahan-bahan :
170 gr tepung biasa
50 gr mentega
50 gr gula
1 butir telur
60 gr susu
3 gr ragi
garam
Cara membuat :
1. lelehkan mentega dengan api kecil, setelah itu biarkan dingin.
2. tambahkan semua bahan-bahan diatas, aduk hingga menjadi adonan yang lembut (aduk dengan mesin pengaduk atau bisa aduk menggunakan tangan).
3. tutup adonan menggunakan plastik wrap dan biarkan adonan ditempat yang hangat, tunggu adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran sebelumnya,
4. bagi adonan menjadi 6 bagian, kemudian tutup adonan menggunakan plastik wrap, dan diamkan adonan selama 20 menit. Jika anda ingin memakannya pada keesokan paginya, maka simpan adonan didalam kulkas semalaman setelah melakukan tahap ini.
5. panaskan cetakan wafel, letakkan dua adonan wafel diatasnya, kemudian tutup cetakan lalu panggang dengan api kecil, panggang cetakan di kedua sisi sampai adonan berwarna coklat keemasan, ingat untuk sering membalik adonan selama memanggang agar adonan matang dengan sempurna.
6. sisihkan wafel yang telah matang dan dinginkan sebentar, setelah itu anda dapat memakan langsung, atau anda juga dapat menambahkan topping favorit anda.
Cara 2
Bahan-bahan :
Adonan wafel instan
Air
Telur
Susu kental manis
Selai kacang
Susu secukupnya
Mentega
Cara membuat :
1. kocok adonan wafel instan dengan air menggunakan mixer, bisa juga dilakukan secara manual menggunakan mangkok dan sumpit, kemudian tuang susu dan telur, kemudian kocok hingga rata.
2. panaskan panggangan loyang cetakan wafel selama 2 menit, lalu letakkan sedikit mentega diatas loyang, kemudian tuang setengah adonan keatas loyang yang sudah dipanaskan dan ratakan adonan ke seluruh loyang.
3. tutup panggangan dan biarkan kue terpanggang selama 2 menit, hingga tidak ada uap yang muncul.
4. buka tutup panggangan loyang wafel, angkat dan sajikan wafel diatas piring, anda boleh mengoleskan selai kacang dan susu kental manis, wafel siap untuk disantap.
Tips :
1. panggang waffle di suhu panas yang rendah hingga sedang.
2. selalu menoleskan mentega pada loyang tiap kali akan menuangkan adonan.
3. panaskan loyang hingga cukup panas sebelum menuang adonan.
Cara-cara diatas tidak susah bukan?