Bangau Biru
Ketika Anda mendengar tentang buaya, Anda pasti akan mengira bahwa mereka sangat ganas.
Banyak orang yang akan mencoba melarikan diri ketika berada dihadapan seekor buaya.
Namun, baru-baru ini ada sebuah berita tentang seekor burung bangau biru yang memangsa seekor buaya, menelannya dalam satu suapan, dan hanya memerlukan 25 menit untuk menghabiskan mangsanya. Hal ini pun menimbulkan diskusi yang menarik bagi smeua orang. Apa yang sedang terjadi? Sejak kapan buaya bisa dimangsa hidup-hidup?
Tentu saja, peristiwa ini benar-benar terjadi dan bahkan sempat diabadikan oleh seorang fotografer.
Jadi, kehidupan makhluk hidup di dunia ini sangat aneh, alam sungguh penuh dengan keajaiban.
Tentu saja dalam dunia alam ada istilah memangsa dan dimangsa. Disaat yang sama, mahkluk hidup yang terlibat di situasi ini yang memungkinkan piramida rantai makanan tetap seimbang.
Hal ini merupakan hal yang normal untuk hewan memangsa dan dimangsa oleh hewan lain. Di pikiran kita, buaya merupakan hewan yang memiliki ukuran tubuh yang besar, seperti di Asia, Amerika, dan negara-negara di Benua Oseania ukuran buaya pada umumnya sekitar 1.5 meter.
Bagaimana buaya bisa ditelan oleh burung bangau biru, hal ini benar-benar sangat mencengangkan bukan?
Buaya yang memiliki badan yang berat dan tebal, bisa ditelan oleh seekor burung bangau biru, hal ini memang sedikit sulit untuk dipercaya.
Akan tetapi, burung bangau biru ini hanya menelan buaya berukuran kecil saja.
Membutuhkan waktu yang lama bagi bangau biru untuk menelan seekor buaya hidup.
Pertama-tama, mari kita pahami tentang bangau biru. Bangau biru merupakan burung pengarung yang lazim ditemukan di Amerika Utara, Amerika tengah, Hindia barat, dan pulau galapagos.
Seluruh populasi bangau biru terdiri dari 5 subspesies, bangau biru memiliki populasi yang relatif besar, sehingga tidak termasuk dalam hewan terancam punah. Bangau biru memiliki ukuran tubuh mencapai 137 cm, sehingga membuat bangau biru terlihat seperti makhluk raksasa.
Salah satu karakteristik unik yang dimiliki bangau biru yaitu berada di belakang kepalanya terdapat dua bulu mahkota yang terlihat seperti kepangan, sehingga mudah untuk dikenali.
Makanan utama bangau biru adalah ikan, katak, ular, dan kura-kura.
Namun, tak disangka kali ini bangau biru dapat memangsa buaya juga. Fenomena ini sangat mengesankan melihat cara bangau biru memangsa buaya ini. Pertama bangau mengangkat buaya kecil ini dengan ujung paruhnya, kemudian ia menghempaskan buaya kecil tersebut ke dalam paruhnya, dimana bagian kepala buaya masuk duluan kemudian diikuti dengan badan buaya tersebut.
Walaupun aksi bangau biru yang menelan buaya ini memang terlihat mulus, akan tetapi butuh waktu yang cukup lama untuk menelan buaya tersebut, membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk menelan buaya utuh.
Dalam waktu 25 menit ini, memang merupakan durasi waktu yang cukup sulit bagi si buaya kecil tersebut.
Bahkan jika buaya tersebut merupakan buaya yang besar, bangau biru pun akan kesulitan untuk memangsanya.
Pada awalnya fotografer yang mengabadikan momen ini mengira bangau biru tersebut akan memangsa seekor ikan.
Namun setelah melihat dengan lensa pembesar kamera, ia menyadari bahwa yang itu bukan seekor ikan melainkan seekor buaya berukuran kecil.
Tentu saja, walaupun buaya kecil tersebut bisa mencoba melarikan diri dari mulut bangau biru, namun buaya tersebut tidak akan bisa kabur dari kejaran bangau biru.
Peristiwa ini merupakan kematian yang tidak disengaja diantara hewan-hewan, dan tidak ada yang tahu bahwa mereka akan menjadi mangsa bagi hewan yang lain.
Bahkan buaya kecil tersebut tidak pernah mengira beberapa lama setelah ia menetas, ia akan menjadi mangsa bagi hewan lain.
Jadi, hidup itu singkat dan bisa berakhir dengan tidak disengaja.