Cara Membuat Hidangan Pasta
Ada berbagai jenis pasta, dan tiap jenis pasta mempunyai namanya masing-masing.
Ada yang mengatakan asal usul pasta berasal dari Romawi kuno, ada juga yang mengatakan bahwa pasta disebarkan oleh Marco Polo ketika ia pergi Kota Sicily melalui Tiongkok kemudian disebarkan di Eropa.
Bahan baku pasta terbuat dari gandum durum yang merupakan jenis gandum terkeras, dengan tekstur yang padat, kandungan protein yang tinggi, dan kandungan gluten yang tinggi. Dan gandum durum ini lah yang memberikan warna kuning pada pasta, serta membuat pasta lama untuk direbus, dan membuat rasa pasta menjadi enak.
Pasta memiliki banyak variasi bentuk berdasarkan jenis-jenisnya. Dan ada berbagai jenis tipe pasta dengan bentuk yang berbeda-beda, contohnya ada yang berbentuk spiral, bentuk melengkung, bentuk kupu-kupu, bentuk cangkang, dan sebagainya. Biasanya yang sering dikonsumsi orang-orang yaitu pasta yang lurus atau disebut sebagai spaghetti.
Berikut ini beberapa resep membuat spaghetti.
Resep Spaghetti Saus Tomat
Bahan-bahan:
3 buah tomat
10 gram mentega
Setengah buah bawang bombay
Kemangi
Jamur
Lada hitam
Garam
Paprika hijau
Spaghetti
Cara pembuatan :
1. Kupas dan cincang bawang bombai, lalu potong dadu tomat.
2. Lelehkan mentega, kemudian masukkan cincangan bawang bombai dan potongan tomat, lalu ditumis.
3. Tambahkan kemangi, lada hitam, dan garam secukupnya ke dalam tulisan bawang bombay dan tomat, tumis hingga tekstur tomat menjadi saus.
4. Siapkan panci, lalu tuang dan didihkan air, kemudian tambahkan sedikit garam kedalam nya. Lalu rebus spaghetti sesuai instruksi pada kemasannya. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak agar spaghetti tidak saling menempel.
5. Siapkan wajan, tuang sedikit minyak, lalu panaskan minyak, ketika minyak mulai panas, masukkan jamur dan paprika hijau, tumis hingga harum. Kemudian tuang saus tomat dan spaghetti kedalam tumisan jamur dan paprika, lalu aduk hingga rata.
6. Sajikan spaghetti diatas piring.
Resep Spaghetti Carbonara
Bahan-bahan :
100-120 gram spaghetti
40 gram jamur kancing
50 gram ayam
10 gram bawang bombay
30 gram bubuk keju parmesan
30 gram whipped krim
1 butir telur
Kacang polong sesuai selera
Lada hitam
Garam
Kaldu ayam secukupnya
Spaghetti
Cara membuat :
1. Potong ayam menjadi dadu, kemudian goreng hingga matang.
2. Cuci dan iris jamur kancing.
3. Kupas dan Potong bawang bombai.
4. Cuci kacang polong secukupnya, lalu sisihkan.
5. Kocok telur kemudian campurkan bubuk keju parmesan dan whipped krim, sisihkan.
6. Siapkan panci, tuang dan rebus air, tambahkan sedikit garam, masukkan spaghetti, kemudian masak hingga lembut, kemudian tiriskan spaghetti.
7. Siapkan wajan, lalu tuang sedikit minyak, masukkan potongan bawang bombai, jamur, ayam, dan kacang polong, kemudian tambahkan campuran krim, tumis sebentar, kemudian masukkan spaghetti dan aduk hingga rata, tambahkan lada hitam dan garam secukupnya, masak hingga saus krim mulai mengental.
8. Sajikan diatas piring, spaghetti karbonara siap dihidangkan.