Menanam Bibit Peony
Peony menjadi salah satu bunga yang paling banyak dibagikan di media sosial dan menjadi bunga paling populer di dunia.
Tanaman bunga peony memiliki makna yang mendalam. Salah satunya dipercaya sebagai bunga pembawa keberuntungan. Dalam sejarah Tiongkok, bunga dengan mahkota berbentuk cantik ini bisa hidup hingga 100 tahun.
Melansir Easy To Grow Bulbs, Rabu, 26 Januari, bunga peony dalam pertumbuhannya membutuhkan setidaknya 30 hari berturu-turut di bawah suhu dingin. Lantas mungkinkah menanam bunga cantik ini di kawasan tropis seperti di Indonesia? Suhu dingin bagi tanaman peony bertujuan menjaga akar. Varietas peony juga memengaruhi bisa atau tidaknya tumbuh di Indonesia. Jika di suhu hangat, seperti negara-negara tropis, pilihlah varietas peony yang akan mekar pada awal musim kemarau. Tetapi menanam peony di Indonesia membutuhkan sedikit percobaan-percobaan. Seperti penempatan yang tepat, karena rata-rata tanaman peony hanya tahan terpapar cahaya pagi dan sore hari.
Bibit peony dapat diperoleh dari bijinya. Agar biji peony tumbuh memang sedikit membutuhkan perlakuan yang khusus dan memerlukan kesabaran pula. Jadi sebelum menanam bibit atau tunas bunga peony ini, Anda harus terlebih dahulu menumbuhkan biji peony yang memiliki cangkang yang cukup keras. Untuk melakukan hal tersebut, berikut cara selangkapnya
Pertama, siapkan amplas untuk menggosok permukaan biji peony yang keras. Amplas tersebut akan mengikis permukaan biji sehingga tunas peony akan lebih mudah tumbuh.
Selanjutnya, siapkan air untuk merendam biji tersebut. Masukan biji peony yang telah diamplas ke dalam air dan rendam selama kurang lebih satu hari.
Setelah biji peony direndam, siapkan pot dan juga media tanam lalu tanam biji peony tersebut. Biarkan biji peony ditanam dalam pot hingga dua bulan. Setelah dua bulan, keluarkan biji peony dari media tanam dalam pot. Tapi jangan kaget apabila biji peony tersebut belum bertunas karena biji peony yang sangat keras memang memerlukan waktu yang lama untuk berubah menjadi tunas.
Kemudian, setelah biji dikeluarkan dari media tanam, masukan biji dalam kulkas. Dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar empat bulan hingga biji tumbuh menjadi tunas dan akhirnya siap ditanam pada media tanam permanen.
Demikianlah penjelasan mengenai cara menanam bunga peony. Semoga bermanfaat!