Khasiat Tinggi Anggur
Anggur adalah tanaman merambat berkayu dari keluarga Vitaceae, dengan cabang berbentuk silinder, rusuk memanjang, dan gundul atau jarang berbuku-buku. Buahnya berbentuk bulat atau lonjong, berbunga pada bulan April-Mei, dan berbuah pada bulan Agustus-September.
Anggur adalah salah satu spesies pohon buah tertua di dunia. Fosil tanaman anggur ditemukan di lapisan tersier, yang menunjukkan bahwa buah ini ada di seluruh Eropa, Asia, dan Greenland pada saat itu.
Anggur berasal dari Asia Barat dan dibudidayakan di seluruh dunia. Sekitar 95% buah anggur di seluruh dunia terpusat di belahan bumi utara.
Anggur kaya akan gizi dan merupakan buah yang sangat bernutrisi. Jus anggur dikenal sebagai "susu nabati" oleh para ilmuwan. Anggur mengandung protein, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, karoten, vitamin B1, dan vitamin B2 serta elemen lainnya.
Yuk kita sama-sama cari tahu khasiat dan manfaat anggur!
1. Meringankan Hipoglikemia
Komponen utama buah anggur adalah glukosa. Ketika terjadi hipoglikemia, kita bisa makan beberapa buah anggur atau minum jus anggur yang dapat dengan cepat meredakan gejala ini.
2. Mencegah Pembekuan Darah
Ilmuwan Prancis menemukan bahwa anggur dapat mencegah pembekuan darah lebih baik daripada aspirin. Selain itu, bisa juga menurunkan kadar kolesterol tubuh manusia, mengurangi kohesi trombosit, dan memiliki efek mencegah penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.
3. Anti-Penuaan
Biji anggur adalah superstar antioksidan. Anti-oksidasi merupakan metode anti-penuaan, oleh karena itu, biji anggur dapat digunakan sebagai senjata anti-penuaan dan mampu menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh sehingga tubuh tetap awet muda.
4. Meredakan Gejala Alergi
Kulit anggur mengandung zat yang disebut resveratrol, yang dapat menghambat kerja zat inflamasi seperti histamin dan dapat meredakan gejala alergi secara optimal.
Ada juga zat dalam kulit anggur yang disebut flavonoid, yang dapat meningkatkan peningkatan lipoprotein dalam darah dan mengurangi kadar kolesterol.
Apa yang dimaksud dengan embun yang membeku pada buah anggur?
Saat membeli anggur, kita sering melihat lapisan embun beku pada kulit anggur, dan sulit banget mencucinya dengan air. Sebagian orang malah khawatir apakah itu residu pestisida atau zat berbahaya bagi tubuh manusia.
Lapisan embun beku ini adalah sejenis gula alkohol yang dikeluarkan oleh anggur itu sendiri atau biasa disebut bubuk buah. Ini zat alami murni yang disintesis oleh tanaman dan sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh manusia.
Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi penguapan air dan mencegah anggur kehilangan air dengan cepat setelah dipetik. Selain itu, bubuk buah tidak larut dalam air, yang berfungsi mencegah munculnya lingkungan yang lembab di permukaan anggur dan mengurangi infeksi bakteri patogen.
Namun anggur ternyata juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh orang-orang berikut ini.
1. Penderita Diabetes
Anggur mengandung banyak fruktosa, yang dapat dengan mudah menyebabkan kadar glukosa naik bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes biasanya berusaha menghindari anggur, makan terlalu banyak anggur juga dapat dengan mudah menyebabkan diabetes pada orang normal.
2. Penderita Diare
Orang yang sering diare harus makan lebih sedikit anggur. Karena anggur memiliki efek melancarkan pencernaan. Jika sedang diare dan kemudian makan anggur, itu malah akan memperburuk gejala diare, jadi penderita diare sebaiknya menghindari anggur.
Anggur mengandung banyak asam buah, yang mudah tertinggal di dalam mulut dan gigi, akibatnya bisa menimbulkan korosi dalam jangka panjang. Untuk melindungi gigi dengan lebih baik, kita harus segera kumur-kumur setelah makan anggur.