Tips Memancing
Memancing termasuk olahraga luar ruangan. Tujuan memancing adalah menangkap ikan dari dalam air dengan alat pancing, dan olahraga yang satu ini gak mengenal jenis kelamin dan usia lho, soalnya orang dewasa dan anak-anak menyukainya. Memancing membuat orang-orang jadi dekat dengan alam dan mengembangkan kecerdasan emosional.
Selama berabad-abad, banyak mancing mania yang telah dimabukkan dengan aktivitas ini. Kecintaan terhadap alam dan semangat untuk hidup, membuat mereka pergi ke sungai untuk menikmati kehidupan alam liar dan mengagumi pemandangan danau serta pegunungan yang indah.
Memancing adalah olahraga rekreasi dengan hambatan terendah untuk "memulai". Seberapa rendah hambatannya? Orang yang berusia 5-80 tahun menyelesaikan semua aspek memancing. Namun, bisa memancing dan bisa menangkap ikan adalah dua hal yang sama sekali berbeda
Kami mengatakan ini karena memancing itu sebenarnya sederhana. Selama ada ikan di dalam air dan kepadatan ikan cukup tinggi, tidak sulit kok untuk menangkap ikan.
Memancing dapat membuat kita mengembangkan perasaan kita, dan merupakan olahraga yang baik untuk melatih kekuatan mental kita. Jadi, apa yang harus kita perhatikan saat memancing? Yuk kita lihat.
Pertama-tama, ketika sudah siap untuk memancing, wajib membawa peralatan dan alat pancing yang lengkap. Sebaiknya bawa lebih banyak kail dan tali pancing. Jika diperkirakan jaraknya jauh dan waktunya lama, perlu bawa makanan dan peralatan yang cukup yah.
Memancing adalah olahraga luar ruangan. Wajib banget cek kondisi cuaca sebelum pergi keluar. Jika tujuannya pergi ke tempat yang cuacanya buruk, pilihlah hari yang cerah untuk berpergian.
Kemudian setelah sampai di tempat pemancingan, penting sekali untuk memilih area pemancingan. Jika airnya jernih dan berbau amis, maka tempat itu akan menjadi tempat dengan banyak ikan. Penting juga untuk memilih tempat dengan tanah yang kokoh dan mudah untuk memancing.
Tekanan udara siang hari pada musim panas umumnya sangat rendah, sehingga kebanyakan orang memilih memancing di hari hujan. Meskipun kedengarannya lucu, namun berhati-hatilah untuk menghindari sambaran petir. Pertama, jangan memancing ke posisi dimana permukaan air berada di bawah pohon, dan kedua jangan mengail di permukaan air di bawah tiang listrik, karena area ini adalah yang paling rentan terhadap sambaran petir.
Saat memancing, mata juga harus melek. Memang mata bakalan mudah lelah, jadi sebaiknya gunakan mata secara "ilmiah". Cara terbaik adalah memakai kacamata hitam (polarizer) saat memancing di tempat yang sangat terang.
Diyakini bahwa warna hijau adalah yang terbaik. Jika tidak memakai kacamata hitam, usahakan untuk tidak membiarkan sinar matahari langsung mengenai wajah, dan pilihlah posisi di mana mata tidak terstimulasi oleh cahaya yang dipantulkan dari air.
Memancing adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja. Bisa berinteraksi dengan alam sambil memancing akan membuatmu melupakan kekhawatiran dan kecemasan. Jika memancing bersama teman-teman, dengan menceritakan lelucon atau melakukan beberapa gerakan lucu, dijamin bakalan bisa bersenang-senang, dimana rasa ini gak ditemui dalam penatnya pekerjaan sehari-hari.
Memancing dapat melatih konsentrasi dengan sangat baik. Ini bukan masalah besar sih jika konsentrasi tidak berlangsung lama, tetapi ini adalah masalah besar ketika di tempat kerja. Konsentrasi yang tidak memadai menyebabkan efisiensi kerja yang rendah, dan mungkin banyak orang yang tidak menyadari masalah ini.
Memancing lebih baik daripada mengonsumsi obat untuk selamanya. Obat-obatan memiliki efek samping pada tubuh manusia, dan memancing tidak berbahaya sama sekali.
Karena memancing membutuhkan konsentrasi untuk mengamati riak di permukaan air untuk menilai apakah ikan terpancing atau tidak. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu yang lama untuk memperhatikan perubahan riak di permukaan air.