Kuliner Swedia Super Ikonik
Meskipun Swedia terletak di area negara-negara Nordik yang dingin, industri pertaniannya tidak berkembang dengan baik, namun bukan berarti Swedia tidak memiliki "aspirasi" dalam hal makanan dan kulineran.
1. Ikan haring
Karena termasuk negara Skandinavia, jadi nggak bakalan ada istilah kekurangan ikan haring. Tetapi ikan haring bukan untuk semua orang, namun hanya bagi mereka yang menyukainya & menghargainya. Di Swedia, cara paling umum untuk makan ikan haring adalah mengolahnya menjadi acar ikan haring. Ikan ini ditempatkan dalam air garam asam dan bertahan selama musim dingin yang panjang. Ini adalah cara tradisional untuk mengawetkan ikan haring mentah.
Sebagian besar penjual makanan laut menjual berbagai rasa acar ikan haring, contohnya rasa mustard, krim, dan adas.
2. Bakso Swedia
Bakso adalah masakan yang lumrah di berbagai negara, dan bakso Swedia adalah kuliner yang paling menonjol dan mewakili tradisi masakan nasional.
Anak-anak di sini makan bakso hampir setiap hari. Bakso Swedia berukuran kecil dan biasanya dipanggang atau digoreng serta disajikan dengan kuah krim, kentang tumbuk, acar mentimun, dan saus lingonberry.
3. Salmon yang diasinkan
Salmon yang diawetkan adalah hidangan yang sangat populer di wilayah Nordik, biasanya salmon yang diasinkan dengan gula, garam, dan adas, kemudian disajikan sebagai hidangan pembuka ataupun sebagai camilan yang dipadukan dengan roti atau kentang.
Salmon yang diawetkan berasal dari masa-masa awal ketika para nelayan memasukkan salmon yang baru saja ditangkap ke dalam lubang pasir dan menggaraminya, sehingga salmon jadi berfermentasi dan diawetkan.
Di zaman sekarang, alih-alih mengandalkan fermentasi, salmon kini diawetkan selama beberapa hari dalam campuran garam, gula, dan adas, tetapi tetap mempertahankan nama gravlax.
5. Pia Apel Swedia
Pai atau pie apel Swedia memiliki keunikan karena tidak mengandung kulit pia yang keras. Kuliner ini dibuat dengan apel cincang kasar yang dimasukkan ke dalam loyang pai, lalu ditaburi adonan berbumbu, dan dipanggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya.