Pemilihan Kosmetik
Belajar menggunakan kosmetik cukup mudah, namun bagi pemula cukup sulit. Banyak para pemula tidak terlalu paham apa yang terbaik untuk mereka, dan bagaimana cara yang benar dalam menggunakannya?
Terdapat tiga jenis kulit utama pada manusia: kulit kering, berminyak, dan kombinasi. Penggunaan kosmetik harus disesuaikan dengan karakteristik jenis kulit yang dimiliki oleh pemakainya.
1. Kulit Kering
Untuk kulit kering, produk yang paling cocok adalah yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan, seperti minyak zaitun, minyak jojoba, dan aloe vera. Produk yang diusulkan untuk kulit kering adalah produk pelembab, toner lembut, dan masker wajah.
2. Kulit Berminyak
Untuk kulit berminyak, produk yang paling cocok adalah yang mengandung bahan-bahan yang mengeksfoliasi, seperti acid salicylic, gula, dan bubuk biji aprikot. Produk yang diusulkan untuk kulit berminyak adalah produk pembersih wajah, toner yang dapat mengurangi minyak berlebih, dan masker yang dapat mengurangi minyak berlebih.
3. Kulit Kombinasi
Untuk kulit kombinasi, produk yang paling cocok adalah yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyeimbangkan kulit, seperti biji bunga matahari, minyak jojoba, dan gliserin. Produk yang diusulkan untuk kulit kombinasi adalah produk pembersih wajah, toner lembut, dan masker berbasis minyak.
Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan, sebagai berikut.
1. Sesuai Dengan Jenis kulit
Sebagai seorang perempuan, kita harus memilih produk perawatan dan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kita. Bahan pada makeup, foundation, bedak tabur, dan lainnya sudah diformulasikan untuk jenis kulit yang berbeda. Untuk kulit kering, ada beberapa produk primer yang dapat melembabkan dan menghidrasi. Untuk kulit berminyak, ada juga produk primer yang berfungsi untuk mengontrol dan memperbaiki minyak.
2. Sesuaikan Dengan Usia
Seorang gadis yang memiliki kulit yang masih sehat dan sempurna dapat memilih kosmetik dasar yang cukup. Namun, seseorang dengan umur yang sudah cukup matang lebih rentan memiliki garis halus, sehingga mereka harus menggunakan concealer untuk menutupi garis-garis halus yang ada. Beberapa kandungan pada primer juga memiliki esensi yang berbeda-beda yang berperan masing-masing.
3. Tergantung musim
Kulit kita akan mengalami perubahan yang cukup signifikan sesuai dengan keadaan musim yang berbeda. Pada musim panas, kulit kita akan merasakan panas, mudah berkeringat, serta cukup rentan menghasilkan minyak. Oleh karena itu, kosmetik yang mampu mengontrol minyak akan sangat berguna bagi jenis kulit berminyak.
Namun jika dalam kondisi musim yang dingin maka kulit akan lebih mudah untuk mengelupas, maka dari itu pada musim ini dianjurkan mengaplikasikan kosmetik pelembab untuk jenis kulit yang kering.
4. Pilih produk sesuai kantong
Banyak orang berlomba-lomba membeli produk bermerek atau terkenal, selagi harganya masih bisa dijangkau atau diskon besar-besaran tersedia. Namun, lebih baik jika Anda tipe orang yang menjaga kesehatan kulit, maka mungkin Anda akan membeli produk yang lebih bagus meskipun harganya cukup mahal.
Dalam hal biaya, usahakan memilih produk kosmetik yang baik bagi kulit Anda namun juga terjangkau. Beberapa produk kosmetik berkualitas tinggi dapat didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Carilah produk kosmetik yang memiliki komposisi yang ramah terhadap kulit Anda, dan yang mengandung bahan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan juga untuk membaca label produk sebelum membeli. Jika ada bahan yang tidak cocok dengan kulit Anda, pastikan untuk tidak membeli produk tersebut. Jangan lupa untuk selalu membaca ulasan dan komentar para pengguna sebelum membeli produk kosmetik. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apa yang orang lain pikirkan tentang produk tersebut sebelum membeli.