Alat Musik Biola
Biola termasuk dari keluarga alat musik gesek. Senar pada Biola ada empat. Gesekan antara senar dan busur akan menghasilkan getaran yang kemudian ditransmisikan ke backplane melalui kolom suara di kotak resonator. Getaran yang dihasilkan oleh proses tersebutlah yang membuat suara indah nan harmonis dari sebuah biola.
Biola adalah elemen terpenting dalam musik orkestra modern dan sudah menjadi alat musik instrumen yang dikenal seluruh dunia. Biola merupakan pilar orkestra simfoni modern dan bisa juga menjadi instrumen solo yang membutuhkan keterampilan bermain yang sangat sulit. Jika biola disandingkan dengan piano dan gitar klasik, maka ketiganya adalah perpaduan alat musik yang sangat indah, pun juga dikenal tiga alat musik utama dunia.
Biola merupakan instrumen yang sangat khas, itu dapat terdengar dari suaranya yang merdu. Biola memiliki ciri bersuara cukup lantang, namun membuat suasana cerah, tetap terdengar sangat halus di telinga, sungguh anggun dan menawan jika dipandang, dan ekspresif dalam pemain biola memainkannya. Untuk teknik dalam bermain biola sendiri sangat fleksibel. Biola memiliki timbre yang indah seperti suara manusia dan dapat memainkan berbagai macam melodi. Dan pemain Biola bisa memainkan musik-musik yang sulit.
Dalam memainkan biola, banyak trik sulit yang harus dipelajari. Seperti halnya dalam pertunjukan simfoni, begitu banyak fenomena yang dihasilkan oleh biola. Misalnya, lompat busur, memetik, nada, dan lainnya, semua itu termasuk dalam kategori “keterampilan tinggi”.
Menurut riwayat sejarah, biola pertama kali diciptakan oleh pria yang berasal dari kota Inggris di Italia Utara bernama Dassalo. Di waktu yang sama, ada seorang perintis dalam pembuatan biola yaitu Amati dari kota Cremona.
Dari abad ke-16 hingga abad ke-18, kelimpahan seni musik yang belum pernah terjadi sebelumnya menggemparkan Italia dalam pembuatan biola. Pembuat biola yang kini menjadi mahakarya langka dunia terlahir dari G.P. Machine, N. Amati, A. Stradivari dan C. Guarneri.
Pada pertengahan abad ke -17, pemain biola dari Jerman yang paling terkenal yaitu Matthias Koloz, memulai sejarah pembuatan biola di Mittenwald, Jerman Bagian Selatan. Selain itu, industri biola di Inggris juga memiliki pijakannya sendiri di seluruh Eropa.
Setelah abad ke-18, peringkat teratas dalam pembuatan biola telah berpindah dari Italia ke Prancis. Selama periode tersebut, bentuk dari biola dikembangkan untuk mencapai volume dan kualitas yang jauh besar dan lebih baik dari biola-biola terdahulu.
Luthier Prancis N. Rupo mengaplikasikan stradivari sebagai contoh untuk penggabungan teknik pembuatan luth Prancis dan Italia. Di waktu yang sama, tur ke Perancis membuat pembaharuan besar pada panjang, berat, bentuk, dan busur.
Perkembangan biola selama periode ini merupakan sebuah syarat dalam memainkan biola, seperti nyanyian Haydn, Mozart dan Beethoven yang berkualitas, serta keahlian yang tinggi dalam memegang busur.
Dari tahun 1789 hingga 1799 sebuah simfoni dan konser yang diselenggarakan secara besar telah berkembang. Untuk skala yang besar tersebutlah, biola perlu meningkatkan volumenya.
Pada akhir abad ke-18, sebuah konservatori mulai berkembang di Eropa satu-persatu, yang akhirnya menjadi titik kesuksesan dari industri biola yang dibuat oleh mesin.
Dari kebanyakan biola buatan tangan Italia, yang paling terkenal adalah biola dari warisan keluarga. Termasuk bahan, cat, dan tekniknya.
Terdapat perbedaan dengan data presisi dari biola Jerman dan biola Amerika. Namun sejak awal, suara biola yang dibuat dengan teknik tradisional tidak lebih baik dari biola yang dibuat secara presisi.
Dengan berlalunya waktu dan mulai rongsok, getaran yang lama akan mengikis sudut yang lancip, membuat suara biola lebih matang dan harmonis. Begitu pula dengan biola gaya Italia yang memberikan ruang untuk bekerja sama dengan pemainnya, daripada memulai dari nada-nada yang sempurna.
Dan dengan terus berlalunya waktu, nada tersebut semakin lama semakin luar biasa. Itulah alasan bagi pemain biola lebih memilih biola tua yang berumur sekitar satu sampai dua ratus tahun atau lebih, dan kebanyakan dari pemain biola, mereka memainkan biola terkenal yang berasal dari Italia.