Jus Semangka
Semangka merupakan buah tropis atau musim panas, dimana buah tersebut dapat membantu menyegarkan saat dinikmati saat musim panas.
Semangka adalah tanaman merambat setiap tahunnya. Baik bunga jantan atau betina mereka masing-masing bersembunyi di bawah daun. Tangkai dari bunga jantan panjangnya sekitar 3-4 cm, dengan vili padat berwarna coklat kekuningan.
Memiliki daun pelindung pada bunga yang berbentuk lonceng seperti tabung yang lebar. Daun mahkota yang berwarna kuning muda. Kelopak dan mahkota bunga pada bunga betina sama dengan bunga jantan. Buahnya besar, hampir bulat, atau elips.
Kulit dari buah Semangka memiliki khasiat sebagai obat, yaitu dapat meredakan panas, diuresis, dan menurunkan tekanan darah.
Buah semangka berasal dari Afrika. Berawal dari tumbuhan liar dalam keluarga cucurbitaceae, kemudian dikembangkan secara artifisial menjadi buah yang dapat dikonsumsi.
Sejak 4000 tahun yang lalu, orang-orang dari Mesir menanam buah semangka. Perlahan-lahan tersebar ke daerah Utara, diawali dari pantai Mediterania ke Eropa Utara, lalu ke Selatan seperti India.
Buah semangka tentu saja merupakan bahan baku dari membuat jus semangka, kemudian melalui proses pengepresan, sentrifugasi, ekstraksi, dan proses dengan produk jus lainnya, memiliki rasa yang manis dan lembut. Buah ini memiliki efek menurunkan, serta dapat menghilangkan panas, menghidrasi dan anti-penuaan.
1. Kurangi dan hilangkan panas. Jus semangka memiliki fungsi menghilangkan panas saat musim panas, serta menurunkan tekanan darah.
Buah semangka memiliki efek penyembuhan pada penyakit tertentu seperti pada anemia, bibir sumbing, sistitis, asites hati, nefritis, dan penyakit lainnya.
2. Tetaplah terhidrasi. Saat musim panas melanda jus semangka cocok untuk mengisi Kembali cairan tubuh manusia.
3. Anti-penuaan. Jus semangka yang segar dapat meningkatkan kekenyalan kulit, serta dapat mengurangi kerutan-kerutan serta membuat wajah mengkilap.
Cara sederhana membuat jus semangka :
1. Siapkan semangka dan es batu.
2. Potong semangka kecil-kecil dan sisihkan dalam wadah.
3. Masukkan potongan semangka ke dalam blender.
4. Pasang tutup blender, lalu hidupkan.
5. Ambil wadah dan letakkan saringan di atasnya dan saring jusnya. Jika menyukai jus dengan bulir-bulir serat buah semangka, buang bijinya terlebih dahulu, jika tidak akan merusak rasa dari jus tersebut.
6. Setelah disaring, tuangkan jus semangka ke dalam gelas. Taruh beberapa es batu dan jus semangka dapat Anda nikmati!