Berbagai Macam Nasi Lemper
Nasi lemper adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun alang-alang. Nasi lemper adalah salah satu makanan yang disajikan dalam festival di Tiongkok.
Nasi lemper dari Jepang terbuat dari tepung beras halus alih-alih dari beras ketan. Bentuk dari Nasi lemper berbeda-beda daripada nasi lemper dari Tiongkok yaitu bentuknya. Penduduk Singapura sangat menyukai bunga. Kapanpun para tamu datang berkunjung, tuan rumah akan mengirimkan beberapa bunga, dan juga membawa nasi lemper yang terendam di dalam jus bunga untuk para tamu dapat mencicipi rasanya.
Nasi lemper yang terendam jus bunga ini terbuat dari daun hijau yang dibungkus berbentuk poligonal, ukurannya hanya sebesar sebuah telur ayam. Saat daun hijaunya digulung terbuka, nasi lemper yang ada di dalam terbuat dari tepung beras yang halus dan sudah diwarnai menjadi hijau pucat dengan sari bunga.
Nasi lemper dari Thailand bentuknya kecil seperti telur. Karena nasinya terbungkus dengan daun alang-alang, kemudian setelah direbus warnanya akan menjadi hijau muda. Dan rasanya sungguh nikmat. Nasi lemper dari Mexico terbuat dari tepung jagung yang kasar, lalu diisi dengan daging dan paprika. Dibungkus di dalam daun jagung atau daun pisang, dan membuat rasanya sangat unik.
Orang-orang Indonesia sangat menyukai perbedaan rasa untuk dimasukkan ke dalam nasi lemper, contohnya seperti ayam, udang, dan ikan. Nasi lemper milik Indonesia terbuat dari beras Japonica atau juga disebut beras Sinica, dimana dapat lebih mudah dicerna, dan memiliki aroma harum dari daun bambu, hal tersebutlah yang selalu menggugah selera banyak orang.
Nasi lemper dari Kamboja sedikit berbeda dari yang sudah dijelaskan di atas, nasinya tidak dibungkus dengan daun melainkan dimasukkan ke dalam tas kain. Tas kain tersebut diisi dengan ketan beras, kacang merah, buah kurma, dan lain sebagainya, satu lapisan dipisah. kemudian ikat tasnya seerat mungkin lalu kukus. Saat akan memakannya, buka tas kainnya dan makan dengan menggunakan pisau.
Mari kita lihat bagaimana cara membuat nasi lemper, sebagai berikut:
1. Pertama kita tuangkan beras ketan ke dalam sebuah mangkuk, kemudian masukkan air untuk membersihkan beras ketan, lalu biarkan beras ketan tersebut di dalam air selama empat jam, dan potong bagian atas daun nasi lemper.
2. Tumpuk kedua daun menjadi dua dan lipat bagian yang paling bawah menuju ke atas yang kemudian akan berbentuk kerucut di tangan Anda.
3. Letakkan beras ketan dan bahan-bahan yang dibutuhkan ke dalam kerucut. Lalu bagian depan daun nasi lemper pelan-pelan dilipat ke dalam, lalu bagian kiri daun nasi lemper lipat ke kanan, untuk daun nasi lemper bagian kanan dilipat ke kiri.
4. Tekan daun dari nasi lemper yang sempat tertinggal, lalu ikat nasi lemper dengan tali kecil.