Sarapan Sehat
Sarapan merupakan hal yang diperlukan oleh hampir semua orang, karena itu merupakan asupan makanan pertama ketika akan menjalani hari.
Mengonsumsi makanan yang salah dapat membuat anda tidak nyaman menjalani hari, bahkan sebelum memulai hari. Maka dari itu, penting untuk memilih menu sarapan yang tepat, terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan.
Tak hanya itu, menu sarapan yang tepat juga dapat membuat anda kenyang sepanjang hari, sehingga dapat mengurangi frekuensi 'ngemil'.
Menu sarapan sehat semestinya menjadi bagian dari keseharian kita. Menjaga kondisi tubuh dengan menyediakan nutrisi yang tepat sebelum beraktifitas akan membuat tubuh lebih sehat. Kadar gula darah juga akan lebih terkontrol dan pastinya badan akan lebih kuat diajak menjalankan kegiatan seharian.
Sayangnya masih banyak yang belum menjalankan kebiasaan sarapan. Sebagian beralasan tidak sempat menyediakan menu sarapan sehat. Sebagian lain memang sengaja tidak sarapan pagi karena menganggap sarapn pagi hanya akan menambah berat badan yang tidak diinginkan. Padahal sesungguhnya tidaklah demikian.
Menu sarapan haruslah praktis karena kebanyakan orang hanya memiliki waktu sedikit untuk menyiapkannya. Meskipun memilih makanan yang mudah dibuat, tentunya menu sarapan harus tetap sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Supaya tidak bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, berikut adalah berbagai menu yang bisa menjadi pilihan Anda!
1. Kopi tanpa banyak gula
Berbahagialah Anda pencinta kopi. Meski minum terlalu banyak kopi berdampak buruk bagi kesehatan, tidak ada salahnya meneguk segelas kopi hangat untuk memulai hari. Namun, pastikan Anda tidak memakai banyak gula atau krimer.
2. Roti gandum panggang
Menu sarapan sehat dan praktis selanjutnya adalah roti gandung panggang. Roti gandung dapat menjadi pilihan ideal karena kalorinya lebih rendah dan nutrisinya tidak kalah dengan jenis roti lainnya. Bagian atas roti bisa Anda sajikan sesuai selera. Beberapa topping yang dapat menjadi pilihan adalah seperti telur, alpukat, selai kacang, hingga Greek yogurt.
3. Salad buah atau sayur
Salad buah atau salad sayur juga merupakan menu sarapan sehat yang bisa Anda coba. Tinggi atau tidaknya kalori pada salad bergantung pada dressing yang Anda pilih. Jika menggunakan dressing keju dan mayonaise tentunya kalorinya akan tinggi jika Anda menggunakan dressingnya dalam jumlah banyak. Dressing yang lebih sehat dan rendah kalori adalah seperti minyak zaitun dan perasan lemon. Semua dressing pada dasarnya baik digunakan, yang terpenting adalah jumlah kalori per hari yang Anda konsumsi telah diperhitungkan.
Tidak sulit juga kan menghadirkan menu sarapan sehat? Bila sebelumnya memang tidak terbiasa sarapan, maka bisa dilakukan dengan membiasakan mengisi perut terlebih dulu. Bisa dimulai dengan sarapan yang paling mudah dan bertahap. Tidak perlu juga terlalu memaksakan di awalnya. Jalani saja dengan penuh kesadaran bahwa sarapan ini akan membawa manfaat bagi tubuh jangka panjang.
Terima kasih sudah membaca!