Peralatan Snorkeling
Apa sih snorkeling itu? Snorkeling atau bisa juga disebut selam dangkal adalah suatu kegiatan berenang ria di air, jangan berenang dipasir ya.
Menyelam di air dangkal ini biasanya memakai peralatan berupa masker selam dan snorkel dan juga memakai alat bantu gerak berupa kaki katak atau sirip selam atau fin atau apalah istilahnya, pokoknya sepatu yang mirip dengan kaki katak atau kaki bebek gitu untuk menambah daya dorong pada kaki.
Bayangkan goggle anda bocor atau berkabut saat mencoba menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Selain menjadi gangguan sederhana, google yang bocor dapat merusak penglihatan yang buruk.
Hal yang sama berlaku untuk alat snorkeling berkualitas rendah. Memilih model yang tidak memiliki katup satu arah akan membuat anda menelan air asin. Untuk menikmati pengalaman snorkeling yang menyenangkan, investasi kecil dalam peralatan snorkeling yang layak sangat bermanfaat!
Ada dua paket peralatan snorkeling yang biasanya beredar di pasaran. Paket pertama adalah mask berikut dengan snorkel dan fins. Paket kedua adalah mask dan snorkel saja.
Paket mask, snorkel, dan fins memang paling diminati oleh konsumen. Hal tersebut dikarenakan peralatan ini paling lengkap dan sangat dibutuhkan untuk memulai snorkeling.
1.Masker
Masker selam adalah jendela kedap air yang melindungi sebagian wajah, terutama mata dan hidung dari air. Bagian lensa dibuat dari kaca pengaman sementara kantong hidung serta kerangka masker dibuat dari silikone atau karet. Di bagian sisi masker terdapat tempat untuk memasang snorkel.
Sewaktu mengenakan masker, penyelam bernafas dengan mulut. Masker dapat menjadi berembun atau kemasukan air bila penyelam memaksa untuk bernafas melalui hidung. Rambut penyelam juga tidak boleh terjepit di antara masker dan wajah supaya masker tidak kemasukan air.
2.Snorkel
Snorkel terdiri dari dua bagian, yaitu selang udara dan pelindung mulut. Selang dibuat dari plastik atau karet keras, dengan ukuran diameter sekitar 2 cm dan panjang sekitar 30 cm. Selang yang terlalu panjang membuat bernafas menjadi sulit, dan memperbesar kemungkinan penyelam menghisap kembali karbon dioksida yang tertahan di dalam selang.
Pelindung mulut dibuat dari silikon atau karet, dan terdiri dari penutup berbentuk lengkung dan bagian untuk digigit. Ukuran pelindung mulut juga harus sesuai dengan ukuran mulut. Ketika menyelam di bawah air, udara di dalam snorkel keluar dan air masuk ke dalam snorkel. Ketika sampai di permukaan, air dalam snorkel dikuras dengan cara menghembuskan udara keras-keras dari dalam mulut.
3.Kaki Katak
Kaki katak adalah sepatu karet dengan sirip yang melebar di bagian ujung kaki. Snorkeling bisa saja dilakukan tanpa kaki katak, tapi alat ini bisa menambah daya dorong kaki manusia ketika berenang
Datang dan pilih peralatan snorkeling yang tepat untuk Anda! Semoga artikel ini membantu Anda memilihnya.