Sang Pari Iblis
Mobula, juga dikenal sebagai pari iblis, dinamai berdasarkan postur berenangnya, yang agak mirip dengan kelelawar saat terbang di malam hari dan merupakan nama kumpulan dari beberapa spesies ikan laut dalam keluarga Chondrichthyes, Manta.
Pari mobula memiliki bentuk tubuh oval yang tidak beraturan, plat sisi badan umumnya berukuran sekitar 50 hingga 100 cm, dan maksimal panjangnya bisa mencapai 8 meter atau lebih, serta beratnya yang mencapai 3 ton.
Tubuhnya pipih, lebih melebar daripada memanjang, dengan ujung pipih lebar, moncong lebar, dan pipih, serta sirip dada yang segemuk sayap.
Dua sirip cephalic menonjol di depan kepala dengan sirip pectoral yang terpisahkan, terletak di kedua sisi kepala, dan ekor ramping panjang seperti cambuk dengan sirip punggung yang kecil.
Beberapa spesies memiliki satu atau lebih duri berbisa di bagian ekor. Mulutnya lebar, dengan gigi tipis dan banyak, tersusun seperti batu paving, dengan rahang atas dan bawah memiliki struktur barisan gigi. Tetapi rahang atas mereka mungkin saja tidak memiliki gigi, lubang hidungnya terletak di kedua sisi bagian depan mulut, dan saluran keluar air terbuka di sisi sudut mulutnya.
Pari mobula sebagian besar berwarna hitam atau abu-abu biru di bagian punggung, kemudian warna abu-abu, dan putih di bagian perut dengan bintik-bintik gelap yang tersebar, dan bentuk tubuhnya seperti selimut besar, ditambah bagian belakang tubuhnya memiliki ekor yang bulat dan tipis, seperti melihat "layang-layang di laut".
Pari mobula adalah ikan bertulang rawan yang hidup di garis pantai benua dan kepulauan yang beriklim hangat dan tropis dan beratnya bisa mencapai 3 ton serta panjangnya mencapai 8 meter.
Bagaimana cara pari mobula makan?
Pari mobula sering berenang di sekitar terumbu karang untuk mencari makan. Ia berenang secara perlahan, mengepakkan "sayapnya", menggunakan sirip depannya, dan tanduk tulang rawan untuk menjentikkan plankton, dan makhluk kecil lainnya ke dalam mulutnya yang lebar, mendorong mereka di dalam mulut dan menyaring air keluar melalui sistem penyaring yang mirip dengan insang ikan mas berkepala besar.
Mereka memiliki penampilan yang sangat istimewa, sebagai seekor ikan tetapi memiliki sayap seperti kelelawar, menghasilkan perpaduan yang rasanya bertentangan, sehingga terlihat sangat jelek, orang-orang menyebutnya "ikan iblis" tetapi meskipun berpenampilan jelek mereka memiliki hati yang sangat lembut.
Sebagai jenis ikan laut, ia memiliki banyak musuh alamiah, namun pada kenyataannya pari mobula masih merupakan hewan yang sangat jinak, tidak suka berkonflik dengan ikan lain.
Ketika ketakutan atau diserang oleh ikan lain, mereka akan melompat seperti katak untuk melarikan diri. Biasanya mereka suka bersembunyi di bawah pasir, dan makanan utamanya adalah plankton yang mengapung di laut.
Meskipun pari mobula terlihat sangat menakutkan, mereka sering diintimidasi oleh ikan-ikan lainnya. Tubuhnya yang rata sangat cocok untuk bersembunyi di lumpur dan pasir di dasar laut.
Pari mobula tidak hanya berenang, tapi juga bisa "terbang".
Mirip dengan paus dan lumba-lumba, mereka memiliki kebiasaan melompat keluar dari air, itulah sebabnya mereka juga disebut pari manta terbang. Lompatan mereka saat keluar dari air luar biasa, mampu mencapai ketinggian hingga dua meter, seringkali secara berkelompok, seolah-olah mereka berenang secara sinkron.
Meskipun ada banyak spesies pari manta, mereka semua memiliki kebiasaan yang sama. Para ilmuwan juga menemukan bahwa, terutama di perairan lepas pantai Meksiko, pari manta bahkan dapat melakukan "pertunjukan terbang" selama satu jam.
Para ilmuwan belum mencapai kesimpulan yang jelas mengapa mereka terbang keluar dari air. Beberapa percaya bahwa ini adalah perilaku untuk menghindari pemangsa; beberapa percaya bahwa ini adalah ritual sosial mereka, terutama dalam ritual bercinta, yang terlihat sangat romantis.