Ikan yang tampak aneh
Disebut ikan hantu karena penampilannya yang ganas, seperti iblis yang mengerikan. Terlebih lagi, ia suka berenang ke dasar perahu dan memukul bagian bawah perahu dengan sayap tubuhnya, mengeluarkan suara seperti "desing dan jepret", yang membuat panik orang-orang di atas perahu.
Kadang-kadang mereka menghampiri perahu yang sedang ditambatkan di laut, menggantungkan tanduknya di rantai jangkar, dan menarik jangkar kecil itu, sehingga membuat orang-orang di perahu ketakutan.
Pari manta umumnya menghuni perairan dangkal di daerah tropis dan subtropis, tetapi jarang tinggal atau hidup di dasar laut. Mereka dapat dilihat dari permukaan air yang dekat dengan pantai hingga kedalaman 120 meter.
Pari manta terlihat menakutkan, tetapi tak perlu membuat mereka kecewa, sebenarnya pari manta adalah hewan yang lembut.
Meski berbadan besar, mulutnya kecil dan giginya belum berkembang dengan baik, sehingga hanya bisa memakan ikan kecil, udang dan kerang, tidak seperti hiu yang bisa membunuh manusia.
Ukuran dan kekuatannya sering membuat takut para penyelam, karena jika marah, hanya dengan kepakan "sayap" yang kuat, mereka dapat mematahkan tulang dan membunuh manusia. Itu sebabnya mereka menyebutnya "ikan hantu".
Manta juga memiliki sirip ekor seperti cambuk pacuan kuda, dan ujung ekornya terhubung ke badan dengan duri yang bergerigi, sangat tajam dan dapat mengeluarkan racun.
Jika anda tidak sengaja menyentuhnya, lukanya akan meradang dan terasa nyeri.
Pari manta dapat dengan mudah tumbuh hingga lebih dari enam meter, dan mereka berenang dengan anggun. Karena ukurannya, pari manta diibaratkan seperti restoran bergerak untuk parasit dan seringkali harus berenang di permukaan air agar ikan pembersih dapat membersihkannya.
Ada yang mengatakan pari manta melompat ke permukaan untuk menyingkirkan kulit mati dan parasit. Pari manta naik keatas air dengan gerakan memutar, meningkatkan kecepatan dan semakin cepat saat mendekati permukaan hingga melompat keluar dari air, terkadang dengan pose flip yang indah.
Pada ketinggian tertinggi, pari manta dapat melompat setinggi 1,5 hingga 2 meter dan ketika jatuh ke air, mereka mengeluarkan suara keras, menampilkan pemandangan yang indah dan spektakuler.
Pari manta adalah hewan ovovivipar, hanya melahirkan satu anak dalam satu waktu, dan pari betina sangat melindungi keturunan mereka yang hanya satu-satunya.
Ikan lembut ini juga memiliki IQ tinggi, dimana pernah seekor pari manta mendekati seorang penyelam untuk memamerkan kail di bawah matanya di lepas pantai Ningaloo di Australia Barat.
Ia kembali ke penyelam beberapa kali, menjelaskan bahwa ia membutuhkan bantuan, sebelum penyelam itu akhirnya melepaskan kailnya.
Dengan pengetahuan ini, sudahkah Anda memahami lebih dalam kehidupan pari manta?