Burung Oriole
Burung oriole adalah anggota keluarga Oriole dari ordo burung pengicau.
Burung oriole memakan serangga juga memakan buah-buahan, dan biji. Mereka adalah tipe burung arboreal yang jarang bergerak di tanah, dan lebih suka hidup kelompok, sering hinggap berganti-ganti pepohonan secara berpasangan. Kicauannya terdengar merdu di telinga.
Tubuh burung oriole panjangnya sekitar 25 sentimeter. Bulu burung jantan biasanya lebih berwarna keemasan, dan mengkilap; Bulu betina berwarna kekuningan hingga kehijauan. Ada garis-garis hitam di kedua sisi kepala melalui mata hingga bagian belakang kepala, dan bagian tengah sayap serta ekornya berwarna hitam. Bayi burung oriole tidak memiliki garis-garis hitam di kepalanya, dan di perutnya, yang tidak berangsur-angsur hilang sampai mereka berumur tiga tahun.
Mereka sering hidup sendiri, atau berpasangan, terkadang dalam kelompok bebas yang terdiri dari 3-5 individu. Mereka biasanya aktif pada kanopi pohon-pohon tinggi, dan jarang turun ke tanah. Selama periode berkembang biak, mereka suka bersembunyi di dahan-dahan pohon, dan dedaunan yang seperti kanopi untuk berkicau, mereka berkicau dengan suara yang jelas, dan anggun. Burung oriole bisa mengubah nadanya, dan meniru nyanyian burung lain. Mereka paling sering berkicau di pagi hari, terkadang bernyanyi sambil terbang, dan terbang dalam pola seperti ombak.
Oriole adalah burung arboreal. Makanan utamanya adalah serangga, tetapi juga dapat mengkonsumsi beberapa buah, dan biji tanaman.
Burung oriole umumnya tersebar di daerah tropis hangat yang bisa disebut Old World, terutama di bagian timur, dengan 2 genera dan 28 spesies. Burung oriole ditemukan di Bangladesh, Kamboja, Republik Rakyat Cina, India, india, Korea, Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Oriole berwarna kuning cerah. Ukurannya kecil, tetapi karena lingkungan hidup yang berbeda, banyak perbedaan antara genus. Warna bulu burung oriole lokal berbeda-beda, sehingga ini menjadi dasar klasifikasi spesies mereka.
Burung oriole adalah burung yang berguna di bidang pertanian, dan merupakan sahabat baik umat manusia. Hal ini karena sebagian besar makanan yang dimakan burung oriole adalah hama yang merusak hutan, dan tanaman. Apalagi saat mereka sedang membesarkan anak-anaknya, mereka harus menangkap dua sampai tiga ratus hama untuk memberi makan anak-anaknya setiap hari.
Orioles memberi makan anak-anaknya di sarang, yang umumnya membutuhkan lebih dari setengah bulan. Jadi, burung orioledapat membantu memusnahkan tiga, atau empat ribu hama tanaman, mereka bisa dikatakan sebagai pelindung hutan, dan tanaman.
Musim kawin burung oriole adalah pada bulan Mei hingga Juli setiap tahunnya. Mereka membangun sarang di ujung dahan tinggi yang berdaun lebar. Sarangnya terdiri dari sutra rami, sutra katun, kapas, batang rumput, dan sebagainya. Sarangnya berbentuk cangkir yang dalam, bentuknya halus, tergantung di dahan tipis, kemudian membentuk seperti ranjang bayi. Setiap kali mereka dapat bertelur dua hingga empat butir telur dengan bintik-bintik seperti warna bunga mawar di permukaan cangkang.