Lembut dan Lucu
Panda merah adalah hewan mamalia langka yang ditemukan di Bhutan, India, Laos, Myanmar, Nepal, dan Cina. Mereka berasal dari ordo hewan Karnivora, dan merupakan keluarga dari Lesser Panda.
Panda merah telah diperdebatkan selama bertahun-tahun apakah mereka harus didaftarkan dalam keluarga beruang, atau keluarga rakun. Baru-baru ini, setelah analisis genetik, disimpulkan bahwa mereka terkait paling dekat dengan keluarga rakun di benua Amerika, dan harus diklasifikasikan sebagai keluarga yang terpisah yaitu panda merah.
Panda merah adalah hewan yang pertama kali memperoleh sebutan nama "panda", tetapi kemudian panda raksasa menjadi lebih terkenal, sehingga istilah "panda" tentu saja mengacu pada panda raksasa.
Frédéric Cuvier, seorang ahli zoologi, dan saudaranya yang seorang naturalis Prancis bernama Georges Cuvier sangat terkesan dengan spesimen panda merah sehingga dia menggunakan kata Yunani "Ailurus fulgens" sebagai nama ilmiahnya.
Panda merah bertubuh gemuk, dengan panjang sekitar 40-60 cm, dan lebih besar dari ukuran kucing, tetapi lebih kecil dari anjing. Beratnya sekitar 6 kilogram. Seluruh tubuhnya berwarna coklat kemerahan, dan bagian bawahnya berwarna hitam kecoklatan.
Panda merah hidup di hutan pegunungan, biasanya dalam kelompok kecil yang terdiri dari beberapa ekor. Meskipun gerakannya lambat dan kaku, mereka adalah pemanjat yang terampil, mampu memanjat terus-menerus ke puncak pohon, dan bahkan di antara dahan-dahan tipis, untuk tidur dengan nyaman.
Secara alami akan sulit untuk panda merah mengandalkan gerakannya yang lamban untuk menangkap mangsa yang gerakannya cukup cepat untuk mereka. Jadi, panda merah telah beradaptasi dengan pola makan omnivora, dan sebagian besar makanannya berbahan dasar tumbuhan. Sebagian besar makanan mereka adalah daun muda, buah-buahan, rebung, dan daun bambu muda, tetapi tidak memakan bambu kering, serta sering kali juga dapat memangsa burung kecil dan telur burung.
Panda merah tidur di siang dan malam hari, mencari makan di pagi dan sore hari, serta memanjat pohon tinggi untuk beristirahat sepanjang hari. Bahkan selama berkembang biak, panda hidup rukun dengan pasangannya.
Di pagi hari, panda merah membersihkan bulunya dengan kaki depannya, menggaruk punggungnya dengan ranting atau batu, dan berpatroli di wilayahnya dengan kelenjar aroma atau urin yang berbau samar untuk menandainya.
Saat panda merah merasa terancam, mereka akan langsung lari ke area bebatuan, atau pepohonan yang sulit dilalui. Saat merasa tidak terlalu terancam, mereka akan menggunakan kaki belakangnya untuk berdiri tegak sebagai pertahanan, dan menggunakan kaki depan yang tajam untuk menyerang musuh. Panda merah sangat ramah, tetapi bukan berarti lemah, dan mereka tetap akan bisa melawan saat dalam keadaan bahaya.