Landmark San Francisco
Jembatan Golden Gate adalah sebuah landmark Amerika di San Francisco, dan terdapat bangunan yang sama terkenalnya dengan Jembatan Golden Gate. Ketika sebuah kapal memasuki wilayah San Francisco, maka hal pertama yang di lihat adalah ketika Anda melihat dari dek terdapat menara baja raksasa Jembatan.
Jembatan ini menghubungkan San Francisco dengan daerah utara California, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata paling populer. Di sini, pengunjung dapat berjalan-jalan atau menjelajahi trotoar bagian timur untuk menikmati pemandangan bersejarah ini. Sebelum jembatan ini selesai dibangun, feri adalah satu-satunya cara untuk dapat menyeberangi Selat Golden Gate. Selat Golden Gate memiliki lebar sekitar 1.600 meter, dan menghubungkan Samudra Pasifik dengan Teluk San Francisco. Membangun jembatan di seberang selat merupakan hal yang tidak mudah, dan banyak orang yang berpikir bahwa hal ini sangatlah mustahil untuk dilakukan. Jembatan ini dirancang oleh insinyur Joseph Strauss, dan patung perunggunya telah dipasang di sepanjang jembatan untuk mengenang, serta menghormati kontribusinya terhadap Amerika Serikat.
Pembangunan Jembatan Golden Gate dimulai pada tahun 1933, dan selesai pada bulan Mei 1937. Proses pembangunannya membutuhkan waktu 4 tahun, dan lebih dari 100.000 ton baja, serta biayanya yang menghabiskan sekitar $35,5 juta. Seluruh jembatan memiliki bentuk yang luar biasa. Tower baja berdiri di sisi utara dan selatan jembatan, dengan 342 meter tinggi, termasuk 227 meter di atas air, dan ini setara dengan gedung 70 lantai. Jangkauan jembatan antara tower baja adalah sekitar 1.280 meter, merupakan salah satu jembatan suspensi jangkar tunggal panjang yang jarang dibangun di dunia.
Jembatan Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat juga merupakan inovasi dalam arsitektur jembatan, karena hanya memiliki dua tiang, dan tidak menggunakan pilar untuk mendukung jembatan, tetapi menggunakan sabuk suspensi di kedua sisi lengkung untuk menghasilkan tarikan yang besar, serta tubuh jembatan dengan keberatan yang cukup tinggi tergantung di udara. Jembatan Golden Gate adalah simbol San Francisco, dan jembatan ini telah menarik banyak pengunjung dengan kemegahannya yang kokoh. Ketinggian dari permukaan laut ke pusat jembatan sekitar 60 meter. Jembatan ini memiliki tinggi dan lebar yang cukup besar, bahkan ketika sedang pasang tinggi, kapal besarpun tetap dapat melewatinya tanpa hambatan.
Pada dasarnya, Jembatan Golden Gate sekarang menjadi salah satu jembatan yang paling ramai, dan menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan di dunia untuk datang, terdapat sekitar 100.000 mobil melintasinya setiap hari, dan menyaksikan kemegahan jembatan Amerika Serikat.