Supercar
Supercar umumnya merujuk pada mobil sport dengan daya output yang tinggi dengan penampilannya yang luar biasa. Harga dari kendaraan mobil sport biasanya mencapai lebih dari 100.000 atau bahkan jutaan dolar. Kecepatan puncaknya bisa lebih dari 300 km/jam. Kebanyakan mobil sport hanya memiliki dua tempat duduk. Akselerasi, pengereman, dan penanganannya sangat baik.
Pada pertengahan tahun 1960-an, majalah mobil Inggris Car menjadikan istilah "supercar" resmi ke dalam kamus mobil modern. Namun mereka bukanlah yang pertama menggunakan istilah tersebut. Editor dari majalah Car menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan Lamborghini Miura yang terkenal, dan terbukti cukup tepat. Sebelumnya, istilah tersebut pertama kali dicetuskan dalam iklan untuk mobil klasik “Ensign Six” jauh di masa lalu tahun 1920-an.
Mobil-mobil ini tidak terkenal karena berada di suatu negara tertentu, namun mereka telah dikenal di seluruh dunia. Meskipun mereka disetel berbeda di tempat yang berbeda, hal itu tidak membuat perbedaan dalam reputasi atau harganya.
Selain itu, jika Anda menggunakan kendaraan klasik ini untuk dijadikan koleksi Anda, Anda akan menikmati nilai koleksi yang tinggi dan reputasi yang baik. Hal seperti ini tidak akan menurunkan nilainya karena lokasinya yang berbeda. Juga tidak akan menurun nilainya karena usianya. Sebaliknya, di mana pun, semakin lama waktunya, maka koleksi spesial ini akan semakin berharga karena kelangkaannya. Beberapa orang menyebutnya supercar. Ini adalah mobil produksi tercepat di dunia. Mereka didesain untuk kecepatan, kenyamanan, serta penampilannya yang dibuat sangat menarik. Mereka sering diproduksi dalam jumlah kecil - mungkin sekitar dua belas atau lebih, ataupun hanya diproduksi beberapa ratus saja. Tentu saja kendaraan-kendaraan ini tidak selalu mungkin dapat dilihat di pameran mobil terdekat.
Dalam mobil kelas atas tercepat, mobil dapat bergerak dengan kecepatan yang sama dengan pesawat saat take off. Mobil ini jarang dapat mencapai kecepatan maksimum, yakni sekitar 402 kilometer per jam. Karena di hampir semua tempat, kecepatan seperti itu dilarang, dan kecepatan ini juga akan sangat berbahaya.
Supercar adalah mobil sport dengan layout mesin tengah, harga mahal, dan performa yang luar biasa. Tetapi harga, serta performanya relatif berdasarkan pada usia kendaraan tersebut. Secara umum, performa supercar terus meningkat dari tahun ke tahun, jadi tidak benar untuk membedakan supercar hanya dengan performanya saja. Meski performa mereka tetap akan menjadi tolak ukur waktu. Karena tata letak mesin tengah sebagian besar supercar adalah dua tempat duduk. Beberapa supercar juga akan memiliki pintu gunung layang, pintu kelelawar, pintu kupu-kupu, dan desain lain yang dapat menarik perhatian banyak orang. Supercar biasanya diluncurkan dalam beberapa edisi balap, dan tentu dengan edisi terbatas. Lebih jarang dan lebih mahal daripada versi standar.
Mobil sport berharga paling mahal sebagai berikut.
1. Ferrari 250 GTO tahun 1963
Pada penjualan pribadi, mobil ini telah terjual dengan rekor sebesar $52 juta, yang telah dikonfirmasi oleh tiga dealer mobil independen. Rekor sebelumnya untuk mobil termahal di dunia juga dipegang oleh Ferrari, yaitu mobil berwarna hijau muda tahun 1962 yang berpindah tangan dengan harga $35 juta.
Selama 30 tahun terakhir, jika mobil-mobil klasik Ferrari adalah model-model langka, dan dalam kondisi baik, maka akan diperdagangkan dengan rata-rata tingkat tahunan sebesar 15%. Dengan cara seperti itu, dalam beberapa tahun ke depan, Ferrari 250 GTO dapat diperdagangkan lebih dari $100 juta. 250 GTO dibuat pertama kali oleh Ferrari pada tahun 1962 khusus digunakan dalam balapan endurance. Ini termasuk 24 Jam Le Mans yang terkenal, Tour de France, dll. Rekam jejaknya cukup panjang, hanya ada 39 mobil dari jenis ini yang pernah dibuat.
2. Bugatti EB Veyron 16.4 Pur Sang
Harga dari kendaraan ini mencapai US$2,000,000. Salah satu mobil tercepat di dunia. Edisi "kelahiran semula" ini diproduksi dalam edisi terbatas, hanya diproduksi lima saja. Dibuat terutama dari aluminium dan serat karbon. Tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatannya.
Mobil produksi tercepat saat ini adalah SSC Ultimate Aero, yang juga dikenal sebagai "Pembunuh Bugatti". Produsen supercar Amerika ini, SSC Ultimate Aero TT, dengan kecepatan puncak yang luar biasa mencapai 411,76 km / jam, telah memecahkan rekor saat ini yang dipegang oleh Koenigsegg CCR Swedia. Ini mengambil gelar "Mobil Produksi Kecepatan Tertinggi Dunia" di Golden World Records. Generasi kedua dari Ultimate Aero dirancang oleh desainer terkenal Jason Castriota. Dia sebelumnya bekerja pada Maserati Birdcage, dan Maserati Gran Turismo, yang tidak lama lagi dia akan bekerja pada Bertone Mantide.
3. Hennessy Viper GT
Pada 2014, supercar Hennessy Viper GT telah mencatat rekor kecepatan tertinggi sebesar 435,31 km/jam, melebihi rekor Bugatti. Pada Juli 2015, DM berbasis di San Francisco meluncurkan Blade, supercar cetak 3D pertama di dunia. Mobil ini terbuat dari serangkaian "node" aluminium, dan tabung karbon yang dimasukkan dan dihubungkan. Mudah dipasang ke dalam rangka mobil, dan oleh karena itu kendaraan ini akan lebih ramah lingkungan. Selain itu, karena berat mobilnya yang lebih ringan hanya 640 kg, akselerasi dari nol hingga 60 mph (96 km/h) dalam dua detik. Ini dengan mudah masuk dalam kategori mobil olahraga teratas.