Tips Merawat Sepeda Motor
Mimpi seorang pengendara sepeda motor adalah memiliki sepeda motor milik pribadi.
Namun, setelah memiliki sepeda motor pribadi, Anda akan menghadapi banyak kendala dalam perawatan serta cara memperbaiki kendala tersebut.
Berikut ini beberapa kendala umum yang sering terjadi pada sepeda motor.
1. Muncul asap biru pada knalpot
Ketika mesin sedang nyala, akan sering terlihat asap berwarna biru muda pada ujung knalpot, dan fenomena konsumsi oli yang berlebihan pada motor. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh jumlah oli yang melebihi takaran; kompresi silinder yang rendah dari yang semestinya; piston, jarak antara piston dan silinder yang bertambah.
2. Muncul asap hitam pada knalpot
Ketika mesin sedang bekerja, knalpot motor mengeluarkan asap hitam, dan bau menyengat dari bahan bakar, terlebih lagi ketika anda menambah kecepatan saat berkendara, asap hitam akan mengepul dengan jelas. Hal ini disebabkan oleh residu asap knalpot yang terlalu tebal, atau busi motor yang bekerja tidak maksimal.
3. Muncul asap putih pada knalpot
Ketika mesin sedang bekerja, knalpot mengeluarkan asap putih.
Ini disebabkan oleh bahan bakar yang mengandung air; silinder atau knalpot yang terendam air.
Bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut?
1. Mengatasi asap biru pada knalpot.
Pertama-tama, periksa takaran oli pada sepeda motor Anda, karena takaran oli yang berlebih membuat mesin sepeda motor Anda bekerja lebih keras.
Ketika memeriksa takaran oli, jangan segera diperiksa setelah mesin tidak nyala, sebaiknya biarkan mesin tidak nyala selama 10 menit lalu Anda mulai memeriksa takaran oli sepeda motor.
Jika takaran oli melebihi batas pada tangki oli, maka sisa oli akan keluar dengan sendirinya. Jika, takaran oli sesuai pada batas tangki oli, maka mulai panaskan mesin Anda untuk beberapa saat, sembari mengecek kondisi kompresi silinder, piston, ring piston untuk mengetahui akselerasi mesin dalam kondisi yang baik.
Setelah pengecekan, jika tekanan silinder dalam kondisi rendah dari yang semestinya, maka perlu dilakukan pengecekan lebih jauh yaitu piston dengan karbon menumpuk, dan ring piston yang kendor dan elastisitasnya berkurang sehingga perlu diganti.
Untuk pemakaian silinder piston yang sudah terlalu lama, maka akan terdapat banyak residu didalamnya, oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan.
2. Mengatasi asap hitam pada knalpot
Periksa konsentrat pada gas asap knalpot. Setelah mengetahui gejala-gejala yang terjadi pada sepeda motor Anda, pertama cek karburator sepeda motor.
Ketika mesin sedang beroperasi, mekanisme pengaturan angin dan udara pada karburator sepeda motor yang gagal menyebabkan asap knalpot menjadi hitam. Sehingga, Anda perlu mengganti atau membersihkan karburator sepeda motor.
Periksa ketinggian minyak untuk memastikan level pelampung dalam karburator dan juga untuk memastikan pelampung dalam karburator tidak rusak atau tenggelam. Lalu, pastikan juga jarum dalam karburator apakah terbuka terlalu banyak atau tidak, selain itu pastikan juga apakah filter udara yang tersumbat, dan sebagainya.
Proses terjadinya asap knalpot yang hitam, ketika mesin sepeda motor dinyalakan, dan terdengar bunyi letusan kecil atau suara seperti tembakan, ini menandakan bahwa percikan api pada busi terlalu kecil yang disebabkan oleh pengaturan udara dan minyak yang tidak seimbang, sehingga menyebabkan asap knalpot menjadi hitam.
3. Mengatasi asap putih pada knalpot
Asap putih pada knalpot dapat terjadi karena adanya kandungan air pada bahan bakar (minyak) atau pada knalpot. Jika asap putih terjadi terus menerus, ini dapat menandakan bahan bakar yang Anda gunakan tidak sesuai standar, sehingga perlu mengganti bahan bakar dengan kualitas yang sesuai sepeda motor Anda.
4. Tenaga yang tidak cukup
Dapat disebabkan oleh ring piston yang sudah tidak bagus, klep karburator motor yang tidak rapat atau karburator yang tersumbat, sehingga anda perlu mengganti ring piston dan juga membersihkan klep dan karburator sepeda motor Anda.