Bunga Tulip
Awal mula berkembangnya bahasa bunga dapat ditelusuri sejak berabad-abad silam dari kebudayaan negara-negara Eropa dan Asia. Makna filosofis di balik tanaman juga memiliki peran penting dalam banyak karya sastra ikonik ciptaan William Shakespeare loh.
Tak hanya itu, beragam mitologi, cerita rakyat, sampai pertunjukkan teater dari bangsa Yunani, Romawi, Mesir, hingga Tiongkok menggunakan bahasa bunga di dalamnya.
Alasannya sederhana; hampir setiap ungkapan perasaan yang bisa terbayangkan dapat diekspresikan dengan bunga. Mau itu ungkapan cinta untuk sosok tersayang, rasa belasungkawa, kekecewaan yang mendalam, sampai kenangan dari masa lalu. Contohnya adalah bunga jeruk (Citrus sinensis) yang melambangkan kemurnian, kesucian, dan rasa cinta. Sementara bunga seruni merah (Chrysanthemum cranbrae) memiliki arti “aku cinta kamu”.
Bunga tulip dikenal karena kecantikan bentuk kelopaknya yang berbentuk menyerupai cangkir. Bunga khas daerah empat musim ini juga memiliki warna-warni yang menawan.Tulip yang sangat identik dengan negara Belanda disebut memiliki banyak keistimewaan.
Bunga yang mekar selama musim semi di Negeri Kincir Angin ini ternyata menyimpan sederet fakta unik yang tidak banyak orang tahu.
Banyak orang mengira bunga tulip adalah tumbuhan yang berasal dari Belanda. Ya, negara di kawasan Eropa Barat ini memang dikenal menjadil salah satu produsen bunga tulip terbesar di dunia. Namun sebenarnya bunga tulip bukan berasal dari negara tersebut, melainkan berasal dari Asia Tengah dan Asia Barat.
Di kedua wilayah tersebut, bunga tulip termasuk tanaman yang tumbuh liar. Oleh karena keindahan yang dimilikinya, maka orang Eropa menyukainya dan kemudian membawanya ke Eropa untuk dibudidayakan.
Filosofi Setiap Warna Bunga Tulip & Manfaatnya
Bunga tulip memiliki berbagai macam warna yang membuat bunga ini memiliki banyak peminatnya, terutama di negara Indonesia. Ada berbagai macam jenis warna bunga tulip di Indonesia, seperti warna merah, putih, merah muda, orange, kuning, dan ungu. Beberapa warna bunga tersebut, ternyata memiliki filosofi tersendiri yang mungkin kamu belum mengetahuinya. Berikut ini makna dari warna-warna bunga tulip
1. Bunga Tulip Warna Merah
Bunga tulip merah diyakini oleh sebagian orang yang memiliki kebiasaan hoki akan bunga ini sebagai alat untuk mengungkapkan isi hati. Bunga tulip yang berwarna merah memiliki arti sebuah kecintaan yang mendalam serta kasih sayang yang sempurna.
2. Bunga Tulip Warna Putih
Bunga tulip putih biasanya dijadikan persembahan untuk berbelasungkawa atas meninggalnya seseorang atau juga untuk diberikan kepada seseorang sebagai permohonan maaf. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menaruh karangan bunga dengan berbentuk buket saat melangsungkan pernikahan. Sebab, bunga ini memiliki simbol ketulusan cinta yang mendalam serta kesucian.
3. Bunga Tulip Warna Orange
Bunga tulip yang berwarna oranye memiliki arti kehangatan serta kebahagiaan serta memiliki simbol sifat optimis jika akan mendapatkan sebuah keberuntungan yang tidak terduga. Biasanya diberikan kepada seseorang yang baru saja melahirkan dengan berbentuk buket bunga.
Terima kasih sudah membaca!