Bahan Sandal
Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat sandal antara lain plastik, karet, katun, rami, dan sebagainya.
1. Sandal Berbahan Plastik:
Sandal plastik adalah salah satu kebutuhan rumah tangga, terutama saat mandi karena sandal plastik tidak akan menyerap air, cepat kering, dan karakteristik anti selip yang dapat memberikan perlindungan lebih baik. Kelebihan dari sandal plastik adalah ringan, tahan air dan mudah dibersihkan, namun juga memiliki kekurangan yaitu kedap udara dan akan mudah merusak kulit.
Saat memilih dan membeli sandal plastik, cara termudah adalah dengan menciumnya secara langsung. Sebaiknya jangan memilih sandal plastik yang bebau menyengat. Selain itu, sandal plastik dengan sol empuk, akan lebih nyaman saat dipakai, dan sol anti selip juga akan memastikan keamanan Anda.
2. Sandal Karet:
Sol sandal karet tentunya terbuat dari bahan karet, memiliki tekstur yang sangat empuk, lentur dan nyaman dipakai. Sendal bahan karet ini tidak terbatas pada pemakaian dalam ruangan saja, sandal karet yang stylish juga bisa dipakai saat Anda keluar beraktifitas setiap harinya. Anda juga bisa menciptakan gaya kasual pada diri Anda.
Keunggulannya adalah anti selip, empuk, dan tahan air, solnya tidak akan mudah putus, tetapi sandal karet tidak tahan aus. Saat membeli sandal karet, Anda bisa memilih sandal karet alam untuk kenyamanan dan kelembutan yang lebih baik. Jika Anda memakainya di luar ruangan, maka Anda bisa memilih bahan karet sintetis dengan ketahanan aus yang lebih kuat, memiliki kelebihan yakni lebih hangat dan lembut, sedangkan kekurangannya tidak tahan air dan mudah menimbulkan bau.
Saat Anda memilih dan membeli sanda, maka perhatikan sandal yang tidak berbau menyengat, dan sandal yang memiliki kualitas baik, dengan bagian atas yang tebal, dan tidak ada bekas putih pada sol yang dilipat dengan tangan, sendal dengan kondisi seperti ini akan lebih awet dan hangat saat dipakai.
2. Sandal Rami
Dibandingkan dengan sandal rumah tangga tradisional, sandal rami terbuat dari serat rami tumbuhan alami, dengan daya serap kelembaban dan sirkulasi udara yang baik, kapasitas penyerapan air 8 kali lipat dari kapas dan serat kimia, dan tidak ada listrik statis, tidak ada vakum, mudah dicuci dan dikeringkan. Namun harus memberi perhatian khusus, sandal tidak dapat bersentuhan dengan zat asam, karena dapat menyebabkan bahan rami akan cepat rusak.
Keuntungannya adalah penyerapan keringat dan permeabilitas udara yang baik, sedangkan kerugiannya adalah tidak tahan terhadap air dan rami mudah rusak setelah terlalu banyak bersentuhan dengan air. Saat membeli sandal rami, usahakan untuk memilih garis yang jelas dan kerapatan alami, kekuatan tarik yang kuat, dan kilau permukaan bahan yang alami dan lembut, jika Anda mendapatkan kondisi sendal seperti ini, maka ini menunjukkan bahwa pilihan yang Anda pilih adalah sendal dengan kualitas produk yang cukup baik.
Apa pun jenis sandal yang Anda pilih, Anda tetap harus memastikan pengerjaannya sangat bagus dan tidak ada cacat, jika tidak memperhatikan hal tersebut, maka ini akan melukai kulit kaki. Jadi yang terbaik adalah mencobanya di toko untuk dapat memakainya secara langsung.