Tips Memelihara Kelinci
Memelihara hewan peliharaan memiliki banyak manfaat bagi pemeliharanya. Begitu pula dengan memelihara kelinci.
Selain kucing dan anjing, kelinci juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer. Meskipun terlihat mudah, namun kelinci juga membutuhkan perawatan agar sehat dan panjang umur. Pada umumnya umur kelinci mencapai 5 hingga 10 tahun bahkan bisa lebih. Banyak orang yang memilih kelinci sebagai hewan peliharaannya karena menggemaskan dan juga berbulu lembut. Untuk memeliharanya, tentunya kamu perlu mengetahui berbagai kebutuhan kelinci terlebih dahulu. Berikut adalah cara merawat kelinci yang baik dan benar agar sehat:
• Menyediakan Makanan yang Bergizi
Di habitat aslinya, kelinci memakan rerumputan, sayuran, dan juga biji-bijian. Jika memelihara kelinci di rumah, dalam cara merawat kelinci yang benar, ada beberapa jenis makanan yang bisa divariasikan agar kelinci tidak mudah bosan dengan makanannya tetapi juga mendapatkan manfaat gizinya. Contoh makanan yang baik untuk kelinci adalah pelet khusus kelinci, sayuran dengan daun hijau, dan beberapa jenis buah-buahan.
• Menyiapkan Kotak Kotoran
Masih terkait dengan kandang, kamu juga perlu menyiapkan kotak kotoran sebagai salah satu cara memelihara kelinci di rumah. Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area. Manfaatkan ini dengan menyiapkan kotak kotoran kucing berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air. Jika kelinci bebas berkeliaran di beberapa ruangan di rumah, ada baiknya kamu memiliki kotak kotoran di beberapa tempat. Banyak kelinci menikmati menghabiskan waktu bersantai di kotak kotorannya, jadi pastikan ukurannya cukup besar.
• Pastikan Air Selalu Tersedia
Cara merawat kelinci yang nggak boleh kamu abaikan adalah ketersediaan air di kandang. Kamu harus memastikan bahwa di kandang tersebut sudah tersedia air bersih. Untuk itu, taruhlah air dalam mangkuk kecil di kandangnya dan biasakan untuk mengecek serta mengisi ulang atau menggantinya tiap hari.
• Ketahui Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci
Soal nutrisi, artinya kamu juga perlu tahu makanan apa yang tidak boleh dimakan. Cukup banyak makanan yang tak boleh dimakan oleh kelinci di antaranya adalah jagung, kobis, kacang-kacangan, dan kentang. Pastikan kamu juga tidak memberikan bambu, biji-bijian, padi-padian, dan daging sebagai makanannya. Tak hanya itu, jangan pernah memberikan makanan manusia atau makanan olahan lainnya kepada kelinci.
• Sterilisasi
Tidak hanya kucing dan anjing saja yang perlu untuk disteril, sterilisasi memiliki manfaat yang sama untuk kelinci. Cara merawat kelinci ini adalah salah pertimbangan penting, karena sterilisasi pada kelinci dapat mencegah kanker ganas yang sering menyerang kelinci yaitu Uterine Adenocarcinoma. Kanker ini menyerang kurang lebih sebanyak 80% kelinci betina yang belum di steril. Jenis kanker ini dapat menyebar dengan cepat ke organ tubuh lain sehingga menyebabkan kematian. Kelinci sudah bisa di steril pada usia 4 - 6 bulan.
• Sediakan “Kondominium” untuk Kelinci
Kelinci peliharaanmu akan lebih senang jika memiliki “kondominium” dalam kandangnya. Ini membuatnya memiliki tempat untuk tidur maupun bersembunyi. Kamu bisa membuat kondominium tersebut dari kardus. Cara merawat kelinci ini mungkin terkesan sepele, tapi adanya kondominium ternyata sangat penting supaya kelincimu nggak gampang stres.
• Beri Waktu Keluar Kandang
Jangan menaruh kelinci di dalam kandang seharian. Cara merawat kelinci yang tepat adalah dengan selalu memberinya waktu keluar kandang setiap hari. Membiarkan kelinci berkeliaran dengan lincah dalam 1—2 jam dalam sehari bisa membuatnya lebih mampu berolahraga maksimal dan menjelajah berbagai area di rumah. Ia pun lebih senang dan umurnya akan lebih panjang.
• Pelihara lebih dari 1 Kelinci
Di habitat aslinya, kelinci adalah hewan sosial. Kelinci peliharaanmu akan lebih bahagia jika hidup bersama dengan kelinci-kelinci lainnya. Oleh karena itu, akan sangat baik jika kamu memelihara beberapa kelinci sekaligus. Jika kamu merasa takut kerepotan, kamu cukup memberikannya pasangan.
Itulah langkah-langkah yang wajib kamu lakukan sebagai cara merawat kelinci dengan baik. Semoga bermanfaat!