Ciri Kucing Munchkin
Kucing Munchkin merupakan sebuah ras kucing yang memiliki karakteristik tubuh mungil dan kaki-kaki pendek.
Kucing atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Felis catus merupakan sebutan untuk hewan mamalia yang merujuk kepada kucing besar maupun kucing kecil. Kucing besar sebagai contohnya adalah harimau dan singa. Ada juga salah satu kucing ras yang sangat menggemaskan yaitu kucing munchkin. Kucing ini berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini disebut sebagai salah satu kucing ras terkecil di dunia. Hal tersebut karena kaki kucing ini pendek. Berikut ini beberapa ciri-ciri kucing munchkin:
• Bentuk Wajah Bulat
Secara umum kucing Munchkin memiliki bentuk kepala yang agak membulat, menyesuaikan dengan proporsi tubuh mereka yang cenderung pendek dan gempal. Tulang pipi tampak tinggi dan tegas, namun tetap memberikan kesan chubby dan menggemaskan. Bagian telinga juga tampak proporsional dengan kepala.
• Usia Relatif Panjang
Walaupun mengalami mutasi genetik, usia kucing Munchkin relatif panjang, yakni bisa hidup hingga mencapai usia 15-18 tahun tergantung dari perawatan dan kondisi kesehatannya. Untuk menjaga agar kucing tidak cepat mati, Sobat Pintar juga bisa melakukan vaksinasi, pengendalian parasit, dan pemeriksaan kesehatan tahun selain perawatan yang benar.
• Bentuk Kaki
Ciri yang paling menonjol dari ras kucing ini tentu saja adalah kaki-kakinya yang pendek. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa penyebab kaki pendek ini terjadi akibat mutasi secara alami. Mutasi genetik ini terbilang berhasil, karena Kucing Munchkin tidak mengalami gangguan pada tulang punggungnya meski berkaki pendek. Peternak Kucing Munchkin bahkan melakukan rontgen pada tahun 1995 kepada kucingnya. Tidak ada masalah sendi ataupun tulang yang ditemukan pada ras ini.
Selain itu, ukuran kaki ras kucing ini tidak sama pada bagian depan dan belakangnya. Kaki belakang Kucing Munchkin memiliki ukuran yang lebih panjang daripada kaki depannya. Hal ini membuatnya sering kali terlihat seperti membungkuk. Mereka juga sering terlihat duduk seperti seekor kelinci. Meski begitu, Kucing ini juga rentan terkena lordosis atau tulang belakang yang melengkung berlebihan. Bila sudah mengalami keadaan seperti ini, Kucing Munchkin tersebut bisa didiskualifikasi dari kontes kucing.
• Karakteristik
Meski memiliki kaki yang pendek, kucing ini terkenal lincah dan senang bermain. Mereka senang menarik perhatian manusia dengan berlari dan melompat-lompat. Mereka juga adalah tipe kucing yang dapat dengan mudah berbaur di lingkungan baru. Jadi, tidak masalah jika Anda ingin memeliharanya bersama ras kucing lain.
• Tubuh Kecil Dan Gempal
Bentuk tubuh kucing Munchkin tidak benar-benar seperti anak kucing hingga mereka dewasa. Rata-rata ukuran tubuh kucing ini sama seperti kucing dewasa pada umumnya, tetapi hanya ukuran kakinya yang kecil dan lebih pendek. Kucing Munchkin sering digambarkan seperti musang, yang mana memiliki tubuh yang tebal dan dada yang bulat. Bobot kucing betina dewasa berkisar antara 2,2-3,1 kg dan jantan dewasa 3,1-4,5 kg. kamu bisa menemukan variasi kucing Munchkin berbulu panjang (longhair) atau pendek (shorthair). Untuk urusan warna dan corak, ras kucing ini cenderung bervariasi.
Itulah dia beberapa ciri kucing munchkin. Semoga bermanfaat!