Ayo Bermain Gitar!
Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling digemari khususnya oleh kalangan anak muda. Hal tersebut dikarenakan selain alat musiknya yang mudah dibawa kemana saja, gitar juga cocok dimainkan untuk lagu-lagu yang sedang populer.
Selain itu, karena terdapat berbagai jenis gitar seperti gitar elektrik maupun akustik, alat musik ini juga dapat masuk ke berbagai jenis aliran musik, baik musik pop, jazz, rock, metal dan masih banyak lagi. Pada umumnya, gitar terdiri dari enam senar yang dimulai dari senar paling kecil yang berada paling bawah hingga senar paling besar yang berada di atas.
Manfaat bermain gitar untuk kesehatan
1. Main Gitar Bisa Meningkatkan Fungsi Otak
Hal penting yang harus kamu jaga di dalam tubuh adalah otak. Semakin tua, kinerja otak akan menuruh. Supaya fungsi otak kamu tetap bekerja dengan baik sampai tua, kamu harus rutin main alat musik, termasuk gitar. Saat bermain gitar, kamu akan mengingat nada dan cara memainkannya terus.
2. Melatih Konsentrasi
Buat yang agak sulit berkonsentrasi, main gitar jadi salah satu terapi yang bagus. Sebuah lagu biasanya berdurasi 4 – 5 menit dan kamu harus menjaga konsentrasi setidaknya dari awal hingga akhir lagu. Dengan menjaga konsentrasi, kamu bisa tetap mengatur tempo dan pastinya tidak salah memainkan kunci gitar dari lagunya.
3. Menghilangkan Stres
Penatnya aktivitas sehari-hari akan buat pikiran kamu juga semakin menumpuk. Cara untuk menghilangkannya adalah memainkan alat musik, seperti gitar. Saat kamu memainkan gitar, kamu akan seperti dibius dengan alunan nadanya dan itu buat pikiran lebih segar.
Nah, sebenarnya belajar gitar bisa menjadi hal yang mudah untuk pemula jika memang mau belajar dengan sungguh- sungguh. Ada beberapa cara bermain gitar untuk pemula yang bisa kamu gunakan sebagai panduan.
1.Jangan Belajar Semua Kunci dalam Satu Waktu
Agar kamu semakin mudah menghafal chord maka jangan belajar semua kunci hanya dalam satu waktu karena dengan cara yang seperti ini membuat kamu akan mudah lupa dan cara ini memang sangat tidak cocok untuk kamu bagi pemula. Chord yang penting ialah chord A dan chord ini adalah kunci yang sangat sederhana bagi pemula. Dan jika sudah menguasai maka pindah ke chord yang lain.
2.Belajar Kunci Dasar Gitar
Alat music gitar umumnya mempunyai 6 senar maupun dawai, dari yang ukurannya paling kecil atau paling bawah hingga dengan ukuran yang paling besar yang ada di posisi atas. Dan ini berlaku bagi gitar akustik dan juga gitar elektrik dan kedua gitar ini mempunyai nada sama di setiap senar.
3.Yang membedakan dari kedua gitar tersebut adalah tuningnya. Dan berikut ini nada-nada di setiap senar gitar:
Senar 1 yang paling bawah memiliki nada E’
Senar 2 memiliki nada B
Senar 3 memiliki nada G
Senar 4 memiliki nada D
Senar 5 memiliki nada A
Senar 6 yang paling atas memiliki nada E
Latihan Pindah antar Chord
Cara yang selanjutnya adalah dengan menghafal dimana posisi jari- jari yang seharusnya pada saat bermain chord A dan C. Cara ini memang cukup mudah dan efektif jika ingin hafal bagi seorang pemula. Pemula tak perlu belajar dengan cepat namun belajar dengan cara praktik. Trik ini memang lebih focus pada perasaan kamu mengenai posisi jari pada chord yang benar.
4.Belajar pada yang Lebih Mahir
Selanjutnya adalah dengan mencari guru yang benar- benar sudah mahir. Dengan begitu kamu akan semakin mudah mengatur posisi jari yang benar dan juga tekniknya dan secara tak langsung juga memotivasi kamu agar giat belajar. Mencari guru tak harus guru privat namun bisa juga meminta teman atau saudara yang sudah mahir bermain gitar.
5.Mencetak Diagram Chord Gitar
Diagram chord gitar ini bisa sebagai petunjuk yang tepat di mana agar bisa menempatkan jari-jari kamu ke sebuah kunci gitar. Dengan cara seperti ini akan membantu serta memahami bagaimana bentuk chord yang ada di fretboard gitar.
6 .Pilihlah Instruksi dari Buku atau Internet
Internet memang banyak sekali ilmu yang bisa di dapatkan, seperti halnya ilmu belajar gitar. Kamu bisa belajar, secara otodidak dengan menggunakan buku belajar gitar dan dari internet. Karena memang banyak artikel yang mengulas bagaimana cara bermain gitar untuk pemula dengan mudah bagi seorang pemula. Tak hanya itu, supaya kamu bisa terus konsisten belajar serta latihan maka coba membuat sebuah agen harian, atau bisa kamu dapat membuat sebuah target yang khusus. Tentu saja, hal ini di laksanakan supaya kamu bisa menguasai cara bermain gitar dengan cepat dalam waktu yang singkat. Dan hal ini pasti tergantung dari niat serta semangat yang kamu punya. Dengan cara ini, bisa jadi kamu bisa mahir main gitar selama 1 bulan.
Semoga Anda menikmati artikel ini!