Mall Terbesar
Pusat perbelanjaan atau mall yang berukuran besar merupakan idaman bagi setiap orang yang ingin shopping. Selain itu, mall yang besar memberikan kesan megah dan mewah, ditambah lagi kita bisa bermanja-manja mengelilingi mall seharian. Melepas penat sambil melihat barang-barang antik di mall.
Nah, lalu mall apa saja sih yang masuk terbesar di dunia?? Oke, langsung saja inilah 6 Mall Terbesar yakni sebagai berikut.
1. New South China Mall
New South China Mall di Dongguan, Cina, adalah mal terbesar di dunia berdasarkan leaseable area kotor. Mal ini memiliki tujuh zona meniru kota internasional termasuk replika Arc de Triomphe dan sebuah kanal dengan gondola.
Ia juga memiliki roller coaster indoor-outdoor, dan apa yang tidak dimiliki adalah pelanggan. Sejak dibuka pada tahun 2005, mal menderita kekurangan penghuni luar biasa.
Sebagian besar ruang ritel tetap kosong, dengan lebih dari 99 persen toko kosong. Satu-satunya daerah yang diduduki mal berada dekat pintu masuk Barat dimana beberapa rantai makanan cepat saji berada, dan karena hal itu, mall ini telah dijuluki mal 'hantu' terbesar di dunia.
2. Golden Resources Mall
Ukurannya sebesar 1,5 kali Mall of America, dan Golden Resources Mall di Cina adalah yang terbesar di dunia belanja mal 2004-2005. Meskipun pengembang mal awalnya memperkirakan mall akan dikunjungi 50.000 pembeli sehari, pada 2004 jumlah sebenarnya jauh lebih kecil, sedikitnya 20 dalam satu jam.
Salah satu masalahnya adalah karena harga barang-barang yang dijual jauh melampaui kemampuan beli warga Cina pada umumnya. Sementara hambatan lain adalah tidak dapat diaksesnya Shopping Mall oleh konsumen asing karena lokasinya di luar jantung kota Beijing.
3. Central World
Dibuka pada tahun 1990, CentralWorld adalah bangunan delapan lantai di Bangkok, yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Thailand. Mall ini dipasarkan sebagai pusat perbelanjaan kelas menengah, bertentangan dengan Paragon Siam, yang dikhususkan bagi kalangan atas.
Pada tanggal 19 Mei tahun 2011, CentralWorld merupakan salah satu dari banyak bangunan yang terbakar oleh pemrotes anti pemerintah. Api berkobar selama dua hari dan membuat department store Zen runtuh. Setelah berbulan-bulan mengalami perbaikan, kompleks perbelanjaan dibuka kembali pada tanggal 28 September 2011, dengan 80 persen dari ruang ritel terbuka untuk bisnis.
4. Mall Of Istanbul
Mall raksasa Istanbul mencakup lebih dari 7 juta kaki persegi ruang yang bisa disewa. Selain pilihan belanja biasa, yang satu ini memiliki taman hiburan raksasa di dalamnya! Ini yang pertama di Turki. Ini menampung beberapa merek terkemuka dunia dan memiliki lebih dari 300 toko. Ini memiliki beberapa pusat pertunjukan, pusat gourmet, dan pusat perbelanjaan yang luas. Ini juga merupakan rumah bagi pusat bioskop terbesar Turki dengan 12 teater dan kapasitas 3.050 tempat duduk.
5. West Edmonton Mall
The West Edmonton Mall di Edmonton, Alberta Kanada, adalah pusat perbelanjaan terbesar dari tahun 1981 sampai 2004 dan saat ini merupakan mal terbesar di Amerika.
Selain 800 toko dan jasa, mal termasuk taman hiburan indoor terbesar di dunia, Waterpark indoor terbesar di dunia dan Istana Es (versi skala bawah dari gelanggang es NHL berukuran peraturan, sehingga tidak yang terbesar di dunia). Hiburan lainnya adalah kursus 18-lubang golf miniatur, bioskop dan arena bowling.
6.Iran Mall
Mall terbesar di dunia adalah Iran Mall yang terletak di negara Iran di kota Teheran. Mall ini dibuka tahun 2018 dan dalam pengerjaannya membutuhkan 500 kontraktor dan 25000 pekerja. Beberapa fasilitas yang ada di dalam hote ini adalah hotel dengan 450 kamar bertaraf hotel 5 bintang, kompleks olah raga termasuk kolam renang, lapangan tenis, dan area sepera, showroom motor, museum, galeri seni dan 12 bioskop IMAX.
Semoga Anda menikmati artikel ini!