Rumah Merah Swedia
Pedesaan Swedia dihiasi dengan deretan rumah merah yang unik, yang merupakan ikon terkenal dari negara tersebut. Jika Anda pernah bertanya-tanya dari mana warna merah berasal, Falun di provinsi Dalarnalah tempat yang harus Anda kunjungi! Kota ini adalah rumah bagi tambang yang memiliki jawaban atas pertanyaan Anda.
Asal Usul Rumah Merah di Swedia berasal dari abad ke-16 ketika tambang Falun mulai memproduksi pigmen merah karat, yang sekarang dikenal sebagai Falu Rödfärg (cat merah). Awalnya, Falun Red adalah simbol status dan posisi, serta hanya mereka kelas menengah ke atas yang dapat melukis rumahnya dengan warna merah ini, dengan meniru bangunan batu bata merah dari negara-negara Eropa lainnya.
Pada abad ke-19, banyak rumah petani juga dicat dengan warna ini. Hari ini, "Merah Falun" masih sangat populer karena kombinasinya dengan kayu menciptakan daya tarik yang menakjubkan dan karena telah menjadi simbol kehidupan pedesaan Swedia. Ketika kamu berjalan-jalan di pedesaan Swedia, Anda akan melihat kottage, rumah kayu, lumbung, perahu, kotak surat, dan bahkan rumah anjing yang dicat dengan warna Merah Falun. Meskipun tambang di Falun tidak lagi beroperasi, produksi "Merah Falun" tetap terus berlanjut. Pada masa kejayaannya pada abad ke-17, tambang ini adalah basis industri terbesar Swedia, memproduksi dua pertiga tembaga di Eropa. Seabad kemudian, cat "Merah Falun" yang terkenal mulai diproduksi di sini. Selain "Merah Falun," ada juga patung kambing raksasa dan jembatan tertinggi di Swedia yang cukup menarik.
Daya tarik utama di Falun adalah 'Great Pit,' sebuah lubang besar di mana Anda dapat menyaksikan warna dari beberapa lapisan tanah. Tambang itu ditutup pada tahun 1992, dan situsnya telah dikelilingi pagar untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. Jalan rekomendasi di sepanjang 'Great Pit' sekitar 1,7 kilometer, dan di setiap titik, akan terdapat papan dengan informasi tentang sejarah setiap bagian tambang, yang akan memberikanmu wawasan yang lebih baik tentang sejarah tambang tersebut. Cat "Merah Falun" juga membantu melindungi kayu dari pembusukan, menciptakan lapisan pelindung pada permukaannya. Pada tahun 1719, seorang mayat ditemukan di bawah tambang dalam kondisi sempurna, dan setelah mempelajari mayat tersebut, cat "Merah Falun" ditemukan. Kisah lain tentang tambang Falun adalah legenda kambing yang disebut Kåre. Menurut cerita, kambing itu muncul di depan pintu pemilik dengan tanah liat merah di tanduknya, dan tambang tembaga kemudian dikembangkan. Hari ini, patung Kåre berdiri di pintu masuk tambang, dan kini pengunjung dapat membeli oleh-oleh Kåre di toko sovenir.
Mengunjungi Falun adalah kesempatan yang sangat baik untuk dapat merasakan secara langsung sejarah kawasan dan mempelajari budaya Swedia. Selain tambang Falun, kota ini memiliki berbagai tempat menarik lainnya seperti atraksi, termasuk museum, galeri, dan taman. Anda juga dapat mengambil bagian dalam berbagai aktivitas di luar ruangan seperti mendaki, memancing, dan bermain ski. Tambang Falun di provinsi Dalarna adalah asal muasal cat "Merah Falun" yang terkenal yang masih digunakan hari ini sebagai dekorasi rumah, lumbung, perahu, dan struktur kayu lainnya. Tambang ini memiliki sejarah yang kaya dan pernah menjadi basis industri terbesar di Swedia. Berkunjung ke tambang 'Great Pit' adalah kegiatan yang wajib dilihat, di mana kamu dapat mempelajari sejarah tambang dan menyaksikan warna lapisan tanah. Kota Falun adalah tempat yang bagus untuk menjelajahi budaya Swedia dan menikmati aktivitas di luar ruangan, menjadikannya tujuan yang sempurna untuk wisatawan.