Jembatan Golden Gate
Jembatan Golden Gate, merupakan keajaiban teknik abad ke-20 yang tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu jembatan paling terkenal di dunia.
Jembatan ikonis ini menghubungkan California Utara dengan Semenanjung San Francisco, dan ketika kapal berlayar masuk ke San Francisco, yang pertama kali terlihat dari dek adalah menara baja setinggi 342 meter dari Jembatan Golden Gate. Menara baja jembatan, yang berdiri setinggi 342 meter, adalah prestasi teknik pembangunan yang luar biasa, setara dengan gedung 70 lantai, dengan ketinggian 227 meter di atas air. Di bagian atas menara terdapat dua kabel baja berdiameter 92,7 cm yang beratnya mencapai 24.500 ton yang terhubung dengan menara tersebut. Kabel-kabel tersebut melintang ke titik tengah dan terhubung ke badan jembatan dengan tali baja tipis. Ujung kabel baja berakhir di pantai, terikat pada batu, sedangkan badan jembatan di bawah jembatan di kedua sisinya dihasilkan oleh tegangan besar di udara. Rentang jembatan antara menara baja adalah 1.280 meter, menjadikannya salah satu jembatan gantung rentang panjang tunggal yang langka dibangun di dunia. Ketinggian dari permukaan laut hingga ke pusat jembatan sekitar 60 meter, sehingga cukup lebar dan tinggi untuk kapal besar untuk dapat melewatinya tanpa hambatan.
Panjang total jembatan, termasuk bagian yang membentang dari kedua ujung menara baja, adalah sekitar 2.737 meter. Dua menara baja tambahan telah dibangun di setiap sisi jembatan untuk menjadikan bentuknya lebih spektakuler. Deck jembatan Golden Gate lebarnya 27,4 meter, dengan enam jalur lalu lintas dan dua trotoar pejalan kaki yang luas. Jembatan Golden Gate dirancang oleh insinyur Joseph Strauss, dan untuk memperingati kontribusinya terhadap Amerika Serikat, patung perunggu seluruh tubuhnya ditempatkan di lokasi. Jembatan Golden Gate bukan hanya sarana transportasi penting yang menghubungkan San Francisco dengan kota-kota di utara tetapi juga merupakan simbol kota itu sendiri. Jembatan ikonis ini adalah salah satu jembatan gantung rentang tunggal terbesar di dunia dan telah muncul dalam beberapa film Amerika, termasuk "Rise of the Planet of the Apes" dan "X-Men."
Untuk menangkap keindahan jembatan ini dengan baik, sebaiknya dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Fort Point, menara di sisi selatan jembatan, menawarkan pandangan unik dari jembatan, sementara Vista Point dekat Sausalito adalah tempat pandang yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Battery Spencer, sebuah tempat pandang di tepi utara jembatan di barat, juga merupakan tempat yang sangat baik untuk menangkap keindahan jembatan. Jika Anda penggemar fotografi, sisi utara jembatan menawarkan lokasi yang sangat bagus untuk foto panorama jembatan, sementara sisi selatan lebih cocok untuk menangkap air dan badan jembatan dari sudut dan ketinggian yang lebih dekat. Anda juga dapat menyewa sepeda untuk menyeberangi jembatan dan dapat menikmati keindahannya secara langsung.
Pengunjung harus diingat bahwa gerbang tol Jembatan Golden Gate tidak menerima tiket tunai, sehingga jika Anda berencana untuk mengemudi, maka disarankan agar membeli secara online terlebih dahulu. Selain itu, sepeda listrik atau skuter tidak diizinkan di trotoar pejalan kaki, selain itu, sepatu roda, skateboard, serta sepatu roda empat juga dilarang di jembatan. Hewan peliharaan juga tidak diizinkan di jembatan, kecuali anjing penuntun, dan strollerpun juga tidak diizinkan di trotoar.
Jembatan Golden Gate adalah keajaiban teknik dan merupakan simbol San Francisco. Untuk sepenuhnya dapat menikmati keindahannya, maka sebaiknya dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Kunjungan ke Jembatan Golden Gate adalah keharusan bagi siapa saja yang mengunjungi San Francisco.