Tanaman Air
Tanaman hidroponik adalah tanaman yang akarnya diletakkan di dalam air untuk tumbuh dan dapat ditanam dalam segala jenis wadah, seperti botol kaca, vas, mangkuk porselen, dan sebagainya.
Tanaman hidroponik adalah tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam, melainkan dengan menggunakan larutan nutrisi yang diberikan langsung ke akar tanaman. Metode hidroponik ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan lebih cepat dan lebih sehat karena nutrisi yang diberikan dapat diatur dengan cermat. Prinsipnya adalah dengan memperbaiki rimpang tanaman dalam keranjang tanam dan membiarkan akarnya tumbuh dengan alami ke dalam larutan nutrisi tanaman. Larutan nutrisi ini menggantikan tanah alami untuk menyediakan air, nutrisi, suhu, dan faktor pertumbuhan lainnya ke tubuh tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh normal dan dapat berkembang dengan baik.
Tanaman hidroponik juga dapat ditanam di dalam ruangan atau di daerah yang sulit untuk ditanami dengan media tanah, seperti di kota-kota besar. Metode hidroponik dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman, seperti sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias.
Berikut adalah beberapa jenis tanaman hidroponik yang cocok untuk ditanam di rumah:
1. Teratai
Teratai adalah tanaman air yang cocok untuk ditanam di dalam air. Bunga teratai indah dan harum. Menanam bunga teratai tidak hanya dapat meningkatkan kandungan oksigen di dalam ruangan tetapi juga membersihkan udara.
2. Bambu
Bambu adalah tanaman hidroponik umum yang sistem akarnya dapat tumbuh di dalam air. Batang bambu lurus dan hijau serta dapat membantu memainkan peran dalam mempercantik lingkungan dalam ruangan.
3. Anggrek gantung
Anggrek gantung adalah tanaman hidroponik umum, sistem akarnya dapat tumbuh di dalam air. Daun anggrek gantung lembut dan hijau serta dapat membantu dalam mendekorasi atau mempercantik lingkungan dalam ruangan.
4. Narcis Belanda
Narcis Belanda adalah tanaman hidroponik yang akarnya dapat tumbuh di dalam air. Bunga yang indah dan harum dari daffodils dapat meningkatkan kandungan oksigen di dalam ruangan.