Fakta Burung Macaw
Macaw biru kuning (blue-and-gold macaw) diberi nama demikian karena tubuh birunya yang indah dengan dada berwarna kuning lemon.
Burung ini memiliki ciri dan keistimewaan yang berbeda-beda, sehingga banyak orang menyukainya. Burung macaw sudah dipelihara sejak ratusan tahun lalu oleh manusia karena merupakan salah satu hewan yang setia. Burung ini memiliki wajah putih, paruh hitam dengan bulu hijau tepat di atas kepalanya, dan “janggut” berbulu hitam tepat di bawahnya. Sebagian wajahnya tidak berbulu dan ketika bersemangat wajahnya akan memerah. Kakinya hitam atau abu-abu gelap.
Berikut fakta menarik burung macaw:
• Salah Satu Jenis Burung Beo Terbesar
Ada lebih dari 370 jenis burung beo, namun burung macaw adalah burung beo yang terbesar. Berat burung macaw bisa mencapai sekitar 4 pon atau 1,8 kilogram. Ini termasuk ukuran yang besar dan kuat untuk seekor burung. Burung macaw terbesar, yaitu Hyacinth Macaw bahkan berukuran panjang mencapai 3,5 kaki atau 107 sentimeter dari paruh hingga ekornya. Jika sedang mengembangkan sayapnya, ukuran burung macaw mencapai 152,4 sentimeter
• Kekuatan Paruh Burung Macaw
Beberapa jenis burung macaw memiliki paruh yang kuat hingga dapat memecahkan tempurung kelapa dengan paruh tersebut. Contohnya adalah Hyacinth Macaw, disebut sebagai burung macaw raksasa yang penyayang. Ia bisa menjadi burung yang lembut dan penuh kasih sayang jika dirawat dari bayi hingga dewasa dengan tanggung jawab. Paruh yang kuat ini digunakan untuk melindungi dirinya dari bahaya dan serangan musuh.
• Dapat Hidup Lebih dari 80 Tahun
Burung macaw yang dipelihara dengan baik oleh manusia, diperkirakan dapat hidup mencapai 60 tahun bahkan lebih dari 80 tahun. Burung macaw membutuhkan perawatan yang khusus dan kesabaran supaya dapat mempertahankan umurnya. Beberapa contoh burung macaw yang bisa berumur panjang adalah burung macaw biru dan burung macaw emas. Sayangnya, burung-burung ini terancam punah karena perusakan habitat dan perburuan yang dialkukan manusia.
• Burung Macaw Banyak Varietasnya
Sebagai jenis burung beo terbesar, burung macaw memiliki banyak spesies atau varietas yang tersebar di berbagai belahan dunia.
• Ukuran burung macaw pun juga beragam.
Burung macaw terkecil, yaitu Macaw Mini berukuran sekitar 12 inci atau 30,48 sentimeter.
Nah itulah beberapa fakta mengenai burung macaw. Semoga bermanfaat!