Fakta Menarik Singa
Singa merupakan keluarga kucing. Singa adalah raja hutan yang mana menjadi predator darat mengerikan bagi siapa saja.
Untuk membedakan singa jantan dan singa betina, caranya sangat mudah, yaitu dengan melihat surati atau rambut di sekitar kepala yang dimiliki oleh singa. Singa jantan memiliki surai yang lebat di sekeliling kepalanya dan tampak seperti rambut yang panjang. Berikut ini fakta mengenai singa:
• Singa Makan Banyak
Singa diketahui membutuhkan porsi daging yang cukup banyak setiap harinya. Singa betina butuh sekitar 5 kg daging per hari. Sedangkan singa jantan makan daging 7 kg atau lebih per harinya. Singa jantan biasa makan hasil buruan betina dari kelompoknya.
• Tidak Bisa Memanjat Pohon
Singa termasuk dalam kelompok kucing besar, sama seperti harimau dan macan. Meski termasuk dalam kelompok kucing besar, ternyata singa tidak memiliki salah satu kemampuan yang dimiliki oleh kucing besar lainnya. Kemampuan ini adalah untuk memanjat pohon.
• Perenang yang andal
Mungkin kamu terkejut mengetahui bahwa singa jago berenang, tapi sebenarnya itu gak aneh karena semua hewan mamalia memang bisa berenang. Laman Animal Planet menyebut bahwa kadang singa memang harus berenang, misalnya singa yang hidup di sekitar Delta Okavango di Botwsana. Kawasan tersebut sering kali tergenang air yang cukup dalam.
• Singa Betina Juga Punya Selera
Singa betina ternyata memiliki selera tersendiri terhadap singa jantan. Betina lebih suka singa jantan dengan rambut yang bersurai panjang dan hitam. Tampilan seperti ini memang menampakkan kegagahan dari singa jantan serta lebih mendominasi dan memberi kesan intimidasi yang kuat pada pejantan lain.
Terkadang singa perlu memiliki keahlian berenang untuk bertahan hidup pada lingkungannya. Satu contoh singa yang hidup di sekitar Delta Okavango, Botwsana. Tempat tersebut sering kali terendam air yang membuat singa di daerah tersebut menjadi perenang andal.
• Menghabiskan Sebagian Besar Waktunya untuk Tidur
Dalam sehari, berapa jam yang teman-teman habiskan untuk tidur? Bagi anak-anak seusia kita, waktu yang dibutuhkan untuk tidur malam adalah sekitar 8-9 jam per hari. Nah, berbeda dengan manusia, singa ternyata menghabiskan sebagian besar waktunya dalam sehari hanya untuk tidur. Bahkan dalam sehari, singa bisa tidur selama 20 jam.
• Setengah Dari Makanan Singa Adalah Bangkai
Alih-alih sebagai pemburu yang hebat, ternyata makanan singa sendiri setengahnya adalah bangkai. Bangkai tersebut bisa berasal dari sisa perburuan hewan lain, kelompok lain, sisa buruan hyena, atau yang lainnya. Jadi tidak seratus persen makanan singa adalah daging segar.
• Singa Juga Punya Musuh Yaitu Hyena
Walaupun gelarnya sebagai raja hutan dan tak ada yang ditakuti oleh singa, tapi mereka juga punya musuh. Hyena menjadi hewan yang cukup mengganggu singa, mereka adalah pemburu yang hebat serta memakan mangsa yang sama seperti singa.
• Singa betina punya selera soal rambut pasangannya
Ternyata, gak cuma manusia yang kerap punya selera pribadi soal rambut pasangannya, singa pun demikian. Laman New Scientist menyebut bahwa singa betina biasanya lebih suka singa jantan yang bersurai panjang dan hitam. Selain itu, surai panjang hitam ternyata membuat singa jantan tampak lebih mengintimidasi bagi pejantan lain.
Nah itulah beberapa fakta mengenai singa. Semoga bermanfaat!