Ikan Air Tawar Vs Air Laut
Ikan adalah vertebrata tertua yang dikenal telah menghuni hampir semua lingkungan akuatik di bumi, dari sungai dan danau air tawar hingga laut dan samudra payau. Diketahui ada sekitar 32.000 spesies ikan, serta dua pertiga dari jumlah tersebut hidup di laut dan berbagai jenis sisanya menghuni air tawar.
Ikan mas, ikan air tawar pada umumnya merupakan omnivora dan memiliki diet bervariasi yang mencakup makanan berbasis hewan dan tumbuhan. Mereka memakan berbagai sumber, termasuk cabang, copepoda, cacing lumut, rotifer, sayuran kerang air tawar, kerang, larva nyamuk, dan udang. Mereka juga menyukai sisa-sisa tanaman dari batang, daun, kuncup, buah tanaman air, diatom, alga filamentous, dan vegetasi air lainnya.
Jenis ikan selanjutnya ialah ikan rumput, seperti namanya merupakan hewan herbivora, tetapi juga akan memakan makanan non-vegetarian seperti cacing tanah dan capung. Ikan ini senang hidup dalam kelompok dan biasanya ditemukan di sungai dan danau di daerah dataran. Mereka tumbuh dengan cepat dan memiliki rasa yang lezat, sehingga banyak orang yang telah membudidayakan ikan jenis ini secara luas. Satu perbedaan kunci antara ikan air tawar dan ikan laut adalah penampilan mereka. Ikan laut sering memiliki warna yang lebih hidup, sedangkan ikan air tawar cenderung lebih tenang.
Selain itu, rentang warna gradasi ikan laut biasanya lebih besar daripada ikan air tawar. Sisik ikan laut juga lebih halus dan padat, sedangkan sisik ikan air tawar lebih besar dan lebih keras. perbedaan selanjutnya yang mungkin akan terliat ialah baunya, ikan air tawar mungkin mengeluarkan bau lumpur, sedangkan ikan laut sering memiliki bau ikan yang khas. Perbedaan lain antara kedua jenis ikan ini adalah bentuknya. Ikan laut datang dalam berbagai bentuk dan ukuran yang lebih banyak daripada ikan air tawar. Selain itu, daging ikan laut yang dimasak mungkin menggumpal atau membentuk garis-garis, sedangkan daging ikan air tawar lebih cenderung hancur.
Ikan adalah kelompok hewan akuatik yang beragam dan dapat beradaptasi serta telah menyebar hampir di setiap lingkungan akuatik di bumi. Ikan air tawar dan ikan laut masing-masing memiliki karakteristik unik yang membuat mereka cocok untuk lingkungan masing-masing. Meskipun ikan air tawar cenderung memiliki warna yang kurang hidup dan sisik yang lebih padat daripada ikan laut, mereka adalah sumber nutrisi yang penting dan merupakan salah satu hidangan populer di seluruh dunia.