Kincir Ria
Ferris Wheel adalah wahana hiburan luar ruangan yang besar, dengan penumpang mengendarai kabin yang menggantung di tepi roda. Saat roda perlahan berputar ke atas, penumpang dapat menikmati pemandangan sekitarnya dari ketinggian.
Penampilan kincir ria ini berbentuk roda, seperti fasilitas hiburan berbentuk cakram besar. Bersamaan dengan banyak lampu indah saat malam tiba, ini merupakan pemandangan yang sangat spektakuler. Kincir ria sangat populer di berbagai kalangan masyakat, banyak orang yang senang megendarai wahana ini. Pemandangan kota dan alam sekitarnya dapat memberikan wisatawan pemandangan dari sudut pandang yang berbeda, dihiasi dengan lampu-lampu malam yang indah. Koncir ria biasanya terdapat pada berbagai tempat wisata hiburan dan taman bermain.
Kokpit kincir ria digantung pada roda, dan tingkat porosnya dipertahankan oleh gravitasi. Kokpit digantung di luar roda dan membutuhkan struktur mekanis mirip tautan yang lebih kompleks untuk disinkronkan dengan posisi gerbong guna mempertahankan levelnya.Kincir ria paling awal dirancang oleh American George Washington Ferris pada tahun 1893 untuk Pameran Kolumbia di Chicago untuk bersaing dengan Menara Eiffel yang dibangun di Paris untuk Pameran di tahun 1889.
Kincir ria pertama berbobot 2.200 ton , dapat menampung 2.160 orang, dan tingginya sama dengan gedung 26 lantai. Karena prestasinya, roda berputar ini kemudian disebut dengan “Ferris Wheel” atau kincir ria yang kita kenal sekarang. Vienna Flyer adalah salah satu kincir ria abad ke-19 yang bertahan dan masih beroperasi sampai sekarang. Itu didirikan pada tahun 1897 di taman hiburan Prater diKota Leopold (distrik kedua) Wina, Austria. Setelah penghancuran Paris Flyer pada tahun 1920, Vienna Flyer menjadi kincir ria tertinggi di dunia, yang terbakar pada tahun 1944 dan dibangun kembali pada tahun berikutnya untuk mempertahankan statusnya sebagai kincir ria tertinggi di dunia. Sampai tahun 1985 ketika dilampaui oleh Tsukuba, Jepang (tinggi 85 meter).