Supercar Tercepat Di Dunia
Bicara tentang supercar , berarti kita bicara soal kecepatan. Selain desain yang modern , peforma di lintasan juga menjadi aspek penting yang menentukan sebuah supercar.
Parameternya terus merangkak dari 200 mil/jam, 250,270 , bahkan kini sudah melampaui batas kecepatan 300mil/jam.
Ada banyak sekali mobil yang menyandang status sebagai mobil tercepat di dunia. Bahkan ada beberapa mobil yang memiliki top speed melebihi 400km/jam.Performa mesin yang mengangumkan tidak lepas dari teknologi canggih yang dipakainya.Rata-rata menggunakan teknologi turbo dan bodi mobil terbuat dari material karbon,sehingga kemampuan akselerasinya semakin maksimal.Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa supercar tercepat.
1. Buggati Chiron Super Sport 300+
Setelah mahkota kejayaan mobil tercepat pada Veyron Super Sport lepas, Bugatti merebutnya kembali dengan menghadirkan Chiron Super Sport 300+. Mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimal 490.5km/h.
Untuk mencapai rekor terbaru ini, Bugatti harus meng-upgrade dapur pacu W16 dengan empat turbonya, agar mobil ini mempunyai total power 1.578hp. Ditambah juga girboks baru dengan ratio panjang serta panel bodi yang lebih aerodinamis supaya tidak tertahan angin.
2.Devel Sixteen
Inilah mobil tercepat kedua di dunia saat ini.Devel Sixteen mengusung mesin V16 berkapasitas 12.3 Liter yang bisa mengeluarkan tenaga yang mencapai 5007 daya kuda.Kabarnya mobil ini memiliki top speed hingga 310 mph atau hampir mencapai 500km/jam.Kecepatan Devel Sixteen pernah melebihi kecepatan dari Bugatti Chiron yang selama ini dikenal sebagai mobil tercepat di dunia.
3.Koenisegg Agera RS
Mobil asal Swedia ini mendapat gelar mobil terkencang di dunia.Pada tahun 2017 mobil ini tercatat oleh Guinness World Record, dengan mencapai kecepatan tertingginya yang berada di angka 447.2 km/h. Agera RS juga menyabet rekor 0-400-0 km/h.
Pada tanggal 4 November 2017, mereka mengikis rekor waktu menjadi 33.29 detik. Pencapaian tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang di pegang Bugatti Chiron di angka 41.42 detik.
Untuk meraihnya, Koenigsegg memberikan dapur pacu yang tak kalah spesial. Berkapasitas 5.000cc V8 twin turbo, mesin ini menyemburkan daya 1.341 hp dan torsi 1.370 Nm.
4.Hennessey Venom GT
Tidak hanya dari Eropa, salah satu mobil tercepat di dunia juga berasal dari Amerika Serikat, yaitu Hennessey Venom GT.Mengusung mesin V8 Twin-Turbocharged berkapasitas 7.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga mencapai 1.244 daya kuda. Tenaga dari mesin ini masih berada di bawah Bugatti Chiron, namun kabarnya top speed yang telah di uji telah mencatatkan rekor kecepatan hingga 435 km/jam.
5.SSC Ultimate Aero TT
SSC berhasil mengalahkan rekor Bugatti Veyron 16.4 pada tahun 2007 silam. Mobil kebanggaan mereka, Ultimate Aero TT, saat itu berhasil menorehkan catatan kecapatan puncak 412,2 Km/h.
Kekuatan terbesar mobil ini terletak pada jantung pacu yang sanggup memuntahkan power hingga 1.183hp dan torsi 1.500Nm. Selain itu bobotnya yang ringan membuatnya makin cepat melesat tanpa hambatan.
6.McLaren F1
Salah satu supercar terbaik yang pernah diproduksi. Dilengkapi mesin naturally aspirated 12 silinder yang menghasilkan 618 daya kuda dan torsi 479 pound-feet.
McLaren F1 berakselerasi 0-60 mil perjam hanya dalam 3,2 detik. Catatan itu merupakan yang tercepat pada masanya. Kecepatan maksimal mencapai 240 mil perjam (386 kmj).
Itulah 6 mobil tercepat di dunia saat ini , kedepannya akan semakin banyak mobil yang akan melampaui batas kecepatan yang ada.Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang tumbuh sangat pesat, seluruh penggemar otomotif sangat menunggu supercar selanjutnya dengan desain yang lebih menarik dan kecepatan tinggi yang di suguhkan.