Fakta Menarik Ubur-ubur
Ubur-ubur memang jadi hewan laut yang paling cantik dan juga misterius. Tahukah teman-teman kalau ubur-ubur yang mempunyai nama ilmiah Scyphozoa ini, sudah hidup di Bumi sejak ratusan juta tahun lalu sebelum ada hewan dinosaurus, lo!
Ubur-ubur banyak dikagumi, karena keindahannya ketika mereka sedang melayang di lautan. Gerakan ubur-ubur juga unik, lo. Mereka terlihat seperti mendorong dan memompa air agar bisa bergerak. Selain itu, ada juga jenis ubur-ubur yang melayangnya dalam kondisi terbalik. Wah, unik, ya! Lalu, kira-kira apa lagi keunikan ubur-ubur yang lain, ya? Agar teman-teman mengetahui keunikan ubur-ubur lainnya. Simak informasi keunikan ubur-ubur ini, yuk!
1. Hewan Purba yang Masih Hidup
Seperti fakta unik yang disampaikan, ubur-ubur ini adalah salah satu hewan purba yang masih hidup di lautan Bumi.
Para peneliti meyakini, kalau ubur-ubur sudah ada di lautan setidaknya sejak 500 juta tahun lalu.
Bahkan, kemungkinan garis keturunan ubur-ubur sudah ada sejak 700 tahun sebelum dinosaurus ada di Bumi.
Tapi, ubur-ubur tidak bisa diteliti lebih lanjut lagi, karena tubuh mereka yang tidak mempunyai tulang. Sehingga , mereka pun tidak bisa meninggalkan jejak fosil yang bisa diteliti.
2. 98 Persen Tubuhnya Berupa Air
Keunikan lain dari ubur-ubur adalah susunan tubuhnya yang hampir semuanya berupa air.
Oleh karena itu, ubur-ubur mudah sekali beradaptasi dalam kondisi apapun di lautan.
Dilihat dari gerakan ubur-ubur, mudah sekali mereka bergerak ke sana dan ke mari mengikuti gelombang air laut.
Akibat dari tubuhnya yang hampir 98 persen adalah air, ubur-ubur begitu tangguh di lautan.
Namun, jika teman-teman mengangkat ubur-ubur ke daratan. Mereka akan berubah menjadi air atau menguap ke udara.
Hal itu disebabkan karena ubur-ubur belum mempunyai sistem syaraf yang sempurna. Bahkan ubur-ubur sebenarnya tidak punya otak dan hati, lo!
Jadi, jika diangkat ke daratan tubuh mereka rapuh dan tidak bisa bertahan lama.
3. Ubur-Ubur Bukan Termasuk Ikan
Ternyata banyak orang salah sangka, lo. Karena mengira ubur-ubur termasuk jenis ikan. Apakah teman-teman termasuk yang salah menyangka?
Lalu, kalau bukan ikan, ubur-ubur termasuk jenis apa? Ternyata, ubur-ubur adalah jenis makhluk laut yang termasuk dalam golongan zooplankton agar-agar atau invertebrate (tidak punya tulang punggung) dari kelas filum Cnidaria.
Jenis-jenis ubur-ubur pun ada banyak dan tersebar diseluruh lautan di Bumi. Bahkan ada ubur-ubur yang melayang di danau air tawar, seperti yang ada di Danau Karwapop, Raja Ampat, Papua, Indonesia.
4. Ubur-Ubur Bisa Hidup Abadi
Beberapa jenis dari ubur-ubur juga ada keunikan lain, yaitu mereka bisa hidup abadi di lautan.
Seperti spesies ubur-ubur Turritopsis nutricula yang mungkin tidak pernah benar-benar mati.
Ketika terancam, spesies ini mampu menjalani trans diferensiasi seluler, yaitu suatu proses di mana sel-sel organisme pada tubuhnya menjadi baru kembali. Wah, hebat sekali, ya!
5. Makhluk Paling Mematikan di Bumi
Keunikan yang perlu teman-teman ketahui selain bisa hidup abadi. Ubur-ubur juga jadi makhluk paling mematikan di bumi.
Bagaimana bisa begitu? Hal ini disebabkan karena sengatan ubur-ubur dan kekuatan sengatannya pun bisa bermacam-macam tergantung pada jenis spesies.
Ubur-ubur yang paling berbisa di dunia yaitu ubur-ubur kotak, yang mampu membunuh manusia dewasa hanya dengan sekali sengatan dalam beberapa menit saja.
Ada juga keunikan yang tidak boleh dilewatkan. Mereka hanya memiliki satu lubang yang fungsinya sebagai mulut dan anus. Jadi, ubur-ubur makan dan buang kotoran pada saluran yang sama.
Nah, itulah keunikan dari hewan paling mematikan yaitu ubur-ubur. Ubur-ubur bahkan sudah hidup di bumi setidaknya 500 juta tahun lalu.