Rugby
Rugby adalah olahraga yang dimainkan pada lapangan berbentuk persegi panjang di mana sebuah tim bekerja sama untuk mencetak poin dari tendangan awal atau melakukan touchdown dengan bola pada suatu area poin di lapangan.
Rugby berasal dari kota yang bernama Rugby, berlokasi di Inggris pada tahun 1823, Asosiasi Sepak Bola Rugby Inggris didirikan pada tahun 1871. Dewan Rugbi Internasional didirikan pada tahun 1890, dan kemudian Dewan Rugbi Internasional menyelenggarakan Piala Dunia Rugbi Pria pertama pada tahun 1987 dan Kejuaraan Dunia Rugbi Wanita pertama pada tahun 1991.
Pada tanggal 9 Oktober 2009, dalam rapat pleno Komite Olimpiade Internasional (IOC) ke-121 yang diadakan di Kopenhagen, Denmark, Rugby Sevens disetujui sebagai olahraga Olimpiade 2016. Olahraga bola rugby adalah permainan bola yang berat dan juga menyenangkan, dimana setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim yang saling beradu.Olahraga ini meliputi permainan serangan dan pertahanan melalui penggunaan keterampilan individu dan memiliki ciri yang unik yaitu memiliki jumlah pemain terbanyak dalam setiap tim dari olahraga apa pun.
Dalam setiap permainan rugby terdapat 30 orang yang berlari dan bertanding di lapangan, sehingga mampu menampilkan pemandangan yang spektakuler. Lapangannya adalah yang terbesar dari semua olahraga, dan terlihat kompleks secara teknis, dan bisa beragam tergantung kebutuhan. Permainan ini tidak hanya menuntut atlet untuk memiliki fisik yang kuat, tubuh yang tinggi, kemampuan lari yang cepat, serta kemauan yang berani dan ulet, tetapi juga menuntut atlet untuk mampu menghadapi segala macam kontak fisik yang kompleks dan kerja sama tim dalam hal memblok pergerakan lawan. Hal inilah yang membuat para atlet rugby perlu memiliki fleksibilitas dan kemampuan melompat seperti pemain basket, dan juga gerakan kaki seperti pemain sepak bola yang terampil dalam menendang, serta memiliki kemampuan lari yang cepat dan gesit seperti atlet pelari cepat. Maka dari itu, rugby adalah olahraga komprehensif yang mengintegrasikan gerakan dari olahraga basket, sepak bola, dan atletik, sehingga olahraga ini sangat menarik untuk ditonton.
Bermain rugby secara rutin dapat mengembangkan kualitas fisik, meningkatkan kebugaran fisik, serta meningkatkan fungsi organ dan sistem tubuh secara efektif. Bermain rugby dalam jangka panjang dapat menumbuhkan keberanian, keuletan, tekad, ketekunan, daya juang untuk mengatasi kesulitan, solidaritas dan kolektivisme, serta kepribadian dan sikap yang baik.
Hingga saat ini rugby masih menjadi olahraga yang sangat populer, jadi jika Anda tertarik, mengapa tidak mencobanya?