Merek Mobil Di Indonesia
Banyak sekali merek-merek mobil terkenal yang beredar di Indonesia, umumnya di dominasi oleh produsen-produsen jepang. Berbagai tipe mobil juga turut dikeluarkan setiap tahunnya, mulai dari mobil untuk kalangan menengah, sampai mobil mewah untuk kalangan atas.
Ternyata pasar mobil di Indonesia juga tidak main-main, volume pembelian yang terjadi juga sangat besar. Bahkan ada produsen mobil yang mendapatkan penjualan lebih dari 500 ribu unit per tahun.
Kira-kira merek mobil apa sajakah yang paling laris di pasar Indonesia? Berikut kami rangkum 6 Merek Mobil Paling Laris di Indonesia.
1. Toyota
Toyota merupakan produsen mobil terbesar dan terkemuka di dunia. Pabrik ini didirikan pada tahun 1937 di Jepang oleh Kiichiro Toyoda.  Selain memproduksi mobil, Toyota juga mempunyai pelayanan finansial dan membuat penelitian tentang robotik.
Sebelum menjadi industri mobil, Toyota merupakan industri tekstil dari tahun 1933 dengan nama “Toyoda”. Akhirnya pada tanggal 27 Agustus divisi baru dibuat dengan nama “Toyota Motor Corporation”. Toyota merupakan pabrikan mobil dengan Unit Sales & Net Sales paling besar di dunia.
Pabrikan mobil terbesar di Jepang bahkan diseluruh dunia ini menghasilkan sekitar 8,5 juta unit mobil dengan berbagai tipe-merek tiap tahunnya.
Toyota menjadi merek mobil yang paling laris di indonesia dengan penjualan lebih dari 33,000 unit per bulan.
2. Daihatsu
Daihatsu Motor Co., Ltd. Merupakan produsen mobil tertua di jepang yang didirikan pada tanggal 01 Maret 1907. Daihatsu mempunyai ciri khas produk mobil yang Compact / Kecil, Slogan mereka adalah “We Do Compact” sangat sesuai dengan produk yang mereka ciptakan.
Pada bulan Agustus 2016 lalu, seluruh saham Daihatsu (100%) dibeli oleh Toyota Motor Corporation, yang menduduki peringakt pertama produsen mobil di dunia. Hal ini menjadikan Daihatsu sebagai anak perusahaan penuh dari raksasa produsen mobil ”Toyota”.
Daihatsu menempati urutan kedua dari merek mobil paling laris di indonesia dengan rata-rata penjualan lebih dari 15,000 unit per tahun.
3. Honda
Honda Motor Company merupakan produsen asal Tokyo, Jepang yang tidak hanya fokus memproduksi auto mobil, melainkan juga sepeda bermotor, mesin kapal laut, generator, dan banyak produk lainnya. Merek ini tak hanya terkenal di Jepang dan Indonesia saja, melainkan juga di seluruh dunia. Per 2015 lalu, Honda dinobatkan sebagai pembuat auto mobil terbesar nomor 8 di dunia. Hingga akhir 2019, Honda tercatat sudah memproduksi hingga total 400 juta kendaraan bermotor. 
4. Suzuki
Merek mobil lainnya yang berasal dari Jepang adalah Suzuki. Merek ini juga sudah mendunia, buktinya pada 2016 lalu, Suzuki tercatat sebagai produsen kendaraan terbesar ke-11 di seluruh dunia. Khusus untuk penjualan auto mobil, Suzuki dinobatkan menjadi yang terbesar ke-10 di seluruh dunia.
Selain mobil, Suzuki juga memproduksi kendaraan lainnya mulai dari sepeda motor, ATV, kursi roda, mesin kapal laut, serta berbagai engine combustion internal kecil lainnya. 
5. Nissan
Selanjutnya, Nissan yang juga berasal dari Jepang. Jangan heran ya, sebab Jepang memang dikenal sebagai negara penghasil merek mobil terbaik dan ternama dunia. Adapun yang menjadi pembeda Nissan dengan merek mobil asal jepang lainnya adalah kendaraannya diproduksi dengan produk tuning bernama Nismo.
Nissan juga terkenal tidak hanya di Jepang dan Indonesia, melainkan dunia. Per 2013, merek ini tercatat sebagai produsen kendaraan bermotor terbesar keenam di dunia setelah Toyota, General Motors, Volkswagen Group, Hyundai Motor Group, dan Ford. Lalu, pada April 2018, Nissan dinobatkan sebagai manufaktur kendaraan elektrik terbesar di dunia dengan penjualan global lebih dari 320.000 unit kendaraan elektrik mereka. Khusus di China, Rusia, dan Meksiko, merek Nissan merupakan brand Jepang paling maju.
6. Datsun
Merek Jepang terakhir adalah Datsun yang juga merupakan anak perusahaan Nissan. Bedanya dengan Nissan, merek ini dijual dengan harga yang relatif murah terutama di Indonesia. Beberapa tipe mobil merek Datsun yang terkenal di Tanah Air adalah Datsun Go, Datsun Cross, dsb.
Nah, itu tadi 6 merek mobil paling laris di Indonesia. Kira-kira, merek mobil mana yang paling menarik minat Anda?