Trik Bermain Gitar Pemula
Alat musik gitar tentunya sudah tidak asing bagi kita. Ya, gitar memang sangat populer dan disukai banyak kalangan, baik tua maupun muda, pria dan wanita.
Untuk bisa bermain gitar dengan ahli, kita harus terlebih dahulu memahami kuncinya. Jika anda sudah menguasai kunci-kunci dalam memainkan gitar ini, akan jauh lebih mudah bagi kita untuk memainkannya. Pengenalan kunci sekaligus akan menjadi hal pertama yang dipelajari dalam penggunaan alat musik petik ini.
Berikut adalah dasar-dasar tentang kunci dalam bermain gitar serta tips dan trik memainkannya.
1.Kunci Gitar
Dalam sebuah gitar, setidaknya ada enam senar atau senar. Keenam rantai ini dimulai dari yang terkecil atau terendah hingga yang terbesar di bagian atas. Baik gitar akustik maupun gitar elektrik akan memiliki nada yang sama pada setiap akordnya.
Perbedaan antara gitar akustik dan elektrik terletak pada tuningnya. Senar pertama di posisi bawah akan menghasilkan nada E, senar kedua di posisi atas akan menghasilkan nada B, senar ketiga akan menghasilkan nada G, senar keempat akan menghasilkan nada D, senar kelima akan menghasilkan nada Sebuah nada, dan senar keenam di posisi atas akan menghasilkan nada E.
Pemula akan membagi akord gitar dasar menjadi 2, dua akord gitar dasar atau biasa dan kunci gitar sekunder dasar. Yang utama adalah C mayor, G mayor, A mayor, D mayor dan E. Setiap kunci akan memiliki posisi jari yang berbeda pada senar dan ini harus kita perhatikan.
2. Pastikan Gitar Nyaman Dipegang
Kalau sudah hafal kunci dasar gitar, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi gitar ternyaman. Cara belajar gitar ini penting karena berpengaruh pada kenyamanan saat memainkan gitar.Sebagai pemula, sebaiknya kamu memulai dengan memangku gitar sembari duduk.Tegakkan punggung dan pegang ujung senar gitar dengan tangan utama.
3. Pelajari Cara Tuning
Cara tuning gitar yang pertama adalah memelajari nama-nama senar. Seperti yang sudah kita ketahui, gitar memiliki 6 senar, dengan ketebalan menipis dari bawah ke atas.Urutan senar gitar standar adalah E, A, D, G, B, dan E. Kamu bisa mengatur tune senar pada bagian tuner di ujung gitar. Jika menginginkan nada tinggi, kencangkan senar gitar. Sebaliknya, jika butuh nada rendah, longgarkan senar sesuai dengan kebutuhan nada.
4. Mulai Memetik Gitar
Cara belajar gitar selanjutnya adalah mulai memainkan instrumen. Untuk memetik gitar, gunakan seluruh 5 jarimu. Posisikan ibu jari di senar paling atas untuk memetik bas nomor 6, 5, atau 4. Jari telunjuk digunakan untuk memetik nomor 2, sedangkan jari manis untuk senar nomor 1. Berikut adalah urutan senar gitar menurut nomor.
6. Pilih Lagu Paling Mudah
Sebagai pemula, pilih lagu yang mudah untuk memulai latihan. Kamu bisa mencari lagu termudah untuk gitar di Google atau Youtube. Latih jari-jari dan ingatan kunci dasar gitar menggunakan lagu tersebut sampai kamu lebih terbiasa. Untuk belajar bermain gitar dengan lebih ahli, mulailah dengan memilih instruksi dari Internet atau buku.
Belajar Gitar Online / E-book sudah menjadi sumber ilmu yang bisa kita manfaatkan. Semuanya bisa dicari di Google. Kita juga bisa menggunakan internet untuk belajar bermain gitar. Selain itu, kita tetap harus gigih dalam belajar dan berlatih agar bisa mencapai hasil yang maksimal.
7. Pelajari Melodi
Kalau kamu merasa sudah lebih andal dari sebelumnya, cara main gitar selanjutnya adalah belajar melodi.
Adapun cara untuk belajar melodi adalah sebagai berikut:
Membaca tabulasi: tabulasi adalah proses penempatan data dalam bentuk tabel berisi not.
Memahami scale: cara paling umum, biasanya dimulai dengan pentatonic scale.
Memahami improvisasi: ini merupakan cara belajar melodi gitar dengan menebak nada lagu dan mencobanya sendiri.
8. Terus Berlatih sampai Bisa
Akhirnya, kita sampai pada cara main gitar untuk pemula terakhir, yakni berlatih dengan rutin. Mungkin ini terlihat seperti langkah sepele, tetapi ini merupakan satu-satunya cara agar kita lihai bermain gitar. Dengan berlatih, kamu akan lebih mudah memahami nada dasar. Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar lebih banyak lagu seiring berjalannya waktu!