Bukit Pasir Merah Muda
Taman Negara Coral Pink Dunes terletak di barat daya Utah, dekat dengan kota kecil Kanab. Menutupi luas wilayah seluas 3.730 hektar, dan taman ini memiliki sekitar 2.000 hektar bukit pasir yang unik.
Kawasan gurun pasir di wilayah bukit pasir adalah satu-satunya kawasan besar di dataran Colorado yang terbentuk dengan cara yang agak mirip dengan dataran banjir sungai biasa. Namun, perbedaan utamanya adalah pembawa pasir yang tertransportasi. Sedangkan dataran aluvial terbentuk oleh aliran air, dan daerah gurun pasir ini terbentuk oleh angin dataran tinggi.
Selama jutaan tahun, lapisan permukaan dari sejumlah besar formasi batuan Navajo yang kaya akan oksida besi di Dataran Tinggi Colorado telah dipotong dan tererosi. Hasil dari tindakan alam ini adalah partikel halus berwarna jingga merah, yang dibawa oleh angin dataran tinggi dan didepositokan di wilayah lembah yang lebih datar dan terbuka. Seiring berjalannya waktu, partikel ini membentuk gurun pasir berwarna merah muda yang ada saat ini. Garis-garis kontur gurun pasir tersebut jelas dan berlapis-lapis, dengan punggungan yang halus dan cair. Kemiringan pasir di sisi hembusan angin mirip dengan air, sedangkan pasir di sisi lainnya seperti air terjun. Pasirnya berwarna emas dan berkilau di bawah sinar matahari, bersih dan murni, tanpa debu.
Gurun pasir di Taman Negara Coral Pink Dunes unik dalam hal warna dan penampilannya. Berbeda dengan gurun pasir berwarna kuning yang ditemukan di padang pasir, pasir di sini berwarna merah muda terang, mencerminkan suasana seperti negri dongeng. Dunia indah ini dari gurun pasir merah muda terus menarik fotografer dan wisatawan dari seluruh dunia. Melihat cahaya kuning yang memudar bersinar di pantai pasir merah muda pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan seumur hidup. Taman Negara Gurun Pasir Coral Pink Dunes bukan hanya tempat keindahan alam tetapi juga surga berkendara off-road. Bagi setiap penggemar berkendara off-road, ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Hampir 90% dari gurun pasir di seluruh taman dapat digunakan sebagai situs berkendara kendaraan all-terrain (ATV) dan off-highway vehicle (OHV).
Terdapat jalan ATV sepanjang mil di tanah yang unik dan berwarna-warni ini, meninggalkan jejak dangkal ketika kendaraan melewati area tersebut dan perlahan menghilang saat angin bertiup. Selain petualangan off-road yang mendebarkan, setiap area di dalam Taman Negara Coral Pink Dunes adalah tempat yang bagus untuk pendakian. Area ini juga menjadi lokasi syuting populer untuk film Hollywood. Lima film, termasuk Arabian Nights, Ali Baba and the Forty Thieves, dan Timbuktu, ini membuat tempai ini menjadi latar belakang yang indah.
Untuk mengakses taman, pengunjung perlu melakukan perjalanan sekitar 310 mil ke selatan dari Salt Lake City. Biaya masuk ke taman adalah $8 per kendaraan, dan fasilitas berkemah seperti RV atau tenda dapat disewa di taman dengan harga $20 per malam. Taman ini buka selama jam-jam terang sepanjang tahun, dengan waktu terbaik untuk berkunjung adalah musim semi, awal musim panas, dan musim gugur ketika suhu masih nyaman dengan kondisi cuaca yang baik.
Coral Pink Dunes State Park adalah tujuan wisata yang unik dan memukau yang menawarkan pengunjung kesempatan untuk menyaksikan dunia pasir merah muda yang indah. Formasi dan warnanya yang unik, dimana bersama dengan surga tempat mengemudi off-road, menjadikannya sebagai tujuan yang wajib dikunjungi bagi para pelancong dan penggemar mengemudi off-road. Baik untuk pendakian, mengemudi off-road, atau hanya menikmati keindahan alam, Coral Pink Dunes State Park adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan.